Komunitas Bhayangkara Motor Adventure, Baksos di Desa Indra Ramai dan Kunjungi Suaq Belimbing

Sabtu, 12 Januari 2019

Tapaktuan, 12 Januari 2019. Komunitas Bhayangkara Motor Adventure (BMA) Aceh Selatan yang di Ketuai KAPOLRES Aceh Selatan, AKBP Dedi Sadsono, ST kembali melakukan kegiatan Bhakti Sosial di Desa yang berdampingan dengan Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Komunitas BMA menggunakan sepeda motor trail dalam melakukan aktifitas tournya. Kali ini medan yang ditempuh yakni jalur Suaq Belimbing yang memiliki medan menantang dan menggugah adrenalin. Sebelum menuju ke Suaq Belimbing, Komunitas BMA melakukan Baksos di Desa Indra Damai, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan dengan memberikan bantuan pembangunan Masjid berupa semen sebanyak 100 sak. Desa ini merupakan jalur darat menuju kawasan Stasiun Penelitian Suaq Belimbing yang dikelola TNGL bersama Mitra SOCP-YEL. Sesekali anggota komunitas BMA kesulitan melewati medan yang berlumpur. Medan pegunungan berbukit yang menantang dan menegangkan menjadi daya tarik tersendiri bagi anggota komunitas BMA Aceh Selatan.

Setibanya di Suaq Belimbing, Komunitas BMA berjumpa dengan petugas TNGL dan beberapa peneliti asing yang sedang melakukan aktifitas penelitian orangutan. Menurut Arif Saifudin, S.Si selaku Kepala Stasiun Penelitian Suaq Belimbing, terdapat 2 orang peneliti asing yang berasal dari Belanda dan New Zealand dengan nama Larissa Josephina dan Natalie Oliver Caldwell. Lanjutnya, kedua peneliti tersebut akan melakukan penelitian selama 6 bulan (Larrisa) dan 1 tahun (Natalie). Kedua peneliti tersebut sedang melakukan penelitian terkait aktifitas sosial yang dilakukan orangutan sumatera (Pongo abelii) di Suaq Belimbing, tutupnya.

Setelah istirahat dan diskusi kurang lebih 2 jam di Suaq Belimbing, Komunitas BMA Aceh Selaatan kembali melanjutkan tournya ke Kawasan Pantai Pasie Raja sebelum akhirnya kembali ke Tapaktuan. Bapak Dedi Sadsono selaku Ketua Komunitas BMA Aceh Selatan yang juga merupakan KAPOLRES Aceh Selatan mengatakan “Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi antara Komunitas BMA dengan masyarakat Aceh Selatan dan Pemantauan terhadap Aktifitas Peneliti Asing yang melakukan penelitian di Wilayah Kabupaten Aceh Selatan”.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser

     

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini