Dampak positif Tsunami, Pengunjung PLG Way Kambas “Membludak”

Selasa, 01 Januari 2019

Labuhan Ratu, 1 Januari 2019. Di tengah kekawatiran terjadinya bencana tsunami, Pusat Latihan Gajah Way Kambas yang terletak di propinsi Lampung ini menjadi salah satu destinasi wisata pilihan liburan tahun baru 2019. Masyarakat memilih daerah yang aman dan menjauhi kawasan pantai. Puluhan ribu pengunjung memadati kawasan wisata Pusat Latihan Gajah Way Kambas.

Ternyata antusiasme masyarakat untuk menikmati liburan cukup tinggi, selama liburan akhir tahun 2018 dan tahun baru 2019 Taman Nasional Way Kambas, terutama kawasan Pusat Latihan Gajah dipadati pengunjung. Mereka berasal dari berbagai daerah baik dari Pulau Sumatera maupun Jawa.

Sejak pagi hari rombongan pengunjung mulai mengalir memasuki gerbang TN. Way Kambas, petugas piket jaga sudah disiagakan dan mereka dengan sigap telah menempati posisi masing-masing sesuai dengan tugasnya. Kepala Balai memberikan arahan agar para petugas dapat bekerja melayani pengunjung dengan ikhlas dan jaga keamanan para pengunjung.

“Kami minta kepada seluruh petugas yang piket meskipun pada hari ini hari libur, kita tetap dapat memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya dan menjaga keamanan para pengunjung yang datang ke Way Kambas. Mereka adalah tamu kita, kita harus ikhlas menerima tamu-tamu kita”, demikian arahan bapak Ka. Balai Subakir, SH. MH.

Semakin siang arus pengunjung semakin bertambah, antrian pengunjung di loket semakin panjang. Bahkan pada jam 10.00 antrian kendaraan roda 4 mencapai 2 km. Sampai dengan jam 15.00 pengunjung yang masuk ke Way Kambas diperkirakan mencapai puluhan ribu dengan jumlah kendaraan Roda 6, Roda 4 dan 2 diperkirakan mencapai 2000-an kendaraan. Petugas TN. Way Kambas dengan dibantu dari Satlantas Polres Lampung Timur, MMP, Koperasi Kowagas dan Pramuka Saka Wana Bhakti sigap mengatur lalu lintas dan parkir. Mereka bekerja dengan sangat baik dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Untuk mengatur kelancaran lalu lintas dan mengurangi kemacetan, petugas membuat kantong-kantong parkir tambahan. Kepadatan pengunjung ini diluar dugaan para petugas, kepadatan ini kemungkinan dipengaruhi situasi bencana Tsunami Selat Sunda. Masyarakat memilih untuk menghindari daerah pantai. Dan ternyata bagi TN Way Kambas berdampak positif.

 

Sumber: Humas Balai TN Way Kambas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini