Tenaga Ahli Menteri LHK Kunjungi TN Babul

Rabu, 28 November 2018

Bantimurung, 26 November 2018. Kelik Wirawan, Staf Ahli Bidang Konstitusional Masyarakat dan Kemitraan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mengunjungi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul). Bersama Tenaga Ahli Bidang Administrsi dan Perundang-undangan, Nur Achmad Santosa, ia mengunjungi Dusun Pattiro yang berada di Desa Labuaja, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Dengan santai keduanya berbagi informasi tentang peran pemerintah dalam hal ini Kementerian LHK untuk meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat. Berfokus pada masyarakat yang berada di dalam dan sekitar kawasan hutan. “TN Babul adalah milik bersama. Fungsinya menopang kehidupan masyarakat di sekitarnya. Bisa jadi sumber air, udara bersih, dan mencegah longsor adalah sebagian fungsi taman nasional ini yang telah kita nikmati. Tugas kita bersama unuk menjaganya agar fungsinya tetap berjalan baik,” Kelik Wiarawan berpesan kepada masyarakat Pattiro.

Masyarakat juga dapat memanfaatkan keberadaan taman nasiona ini melalui pola kerjasama kemitraan konservasi. Membuat perjajian kerjasama antara Balai TN Babul dengan kelompok masyarakat agar kegiatan pemanfaatan lebih terkontrol.

Masyarakat dapat memanfaatkan hasil hutan bukan kayu, memanfaatkan lahan dengan metode tumpang sari pada zona tradisional serta aktivitas ekowisata di zona pemanfaatan.

Kedua tenaga ahli menteri ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat kelompok tani di dusun ini. Kedatangan mereka terangkai dengan kegiatan Sosialisasi Tata Kelola Taman Nasional Berbasis Masyarakat Tingkat Resor. Segenap kepala unit teknis Kementerian LHK lingkup Sulawesi Selatan turut hadir. Tak ketinggalan TLKM Unhas Makassar, Forum Komunikasi Desa penyangga, hingga personil TN Babul turut memeriahkan kegiatan ini. Kunjungan tenaga ahli menteri dan sosialisasi ini berlangsung Jumat, 23 November 2018.

Pada kesempatan tersebut Balai TN Babul memberikan bantuan berupa alat produksi dan pengemasan produk madu. Bantuan tersebut diberikan kepada empat kelompok tani di Dusun Pattiro. Kelompok tani yang beruntung di antaranya: Kelompok Tani Hutan (KTH) Pattiro Bulu, KTH Bukit Harapan, KTH Tunas Muda, dan KTH Bulu Tanete.

Setelah rangkaian acara di Pattiro, rombongan tenga ahli menteri ini melakukan kunjungan ke Kawasan Wisata Bantimurung. Mengunjungi Helena Sky Bridge dan air terjun Bantimurung. Kedua staf ahli Menteri LHK juga berkesempatan berdiskusi dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maros, berdiskusi tentang pola kerjasama dalam tata kelola ekowisata di Kawasan Wisata Bantimurung.

Sumber: Abdul Azis Bakry – Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TN Bantimurung Bulusaraung

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini