Peringatan Hari Pohon Dalam Harmoni Arcapada

Selasa, 27 November 2018

Sangatta, 24 November 2018. Untuk menumbuhkan kepedulian generasi muda Kutai Timur akan pentingnya pohon dalam kehidupan dan untuk memperingati hari pohon, Kader Konservasi Balai Taman Nasional Kutai wilayah Sangatta dan pemuda Kutai Timur yang tergabung dalam Forum Pemerhati Taman Nasional Kutai, terinspirasi untuk membuat suatu kegiatan dalam bentuk “Harmoni Arcapada” dengan tema “Peran Pohon Sebagai Komponen Ekosistem di Kehidupan Manusia”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menjadi media edukasi, transformasi, dan aspirasi generasi muda terutama di Kabupaten Kutai Timur serta memperkenalkan potensi keindahan hutan di Kabupaten Kutai Timur yang salah satunya berada di Taman Nasional Kutai.

Harmoni Arcapada dilaksanakan selama 2 hari yaitu 24 - 25 November 2018 di Bumi Pelatihan dan Percontohan Usaha Tani Konservatif (BPPUTK), Taman Nasional Kutai dan didukung oleh Mitra TN Kutai. Kegiatan diikuti oleh pelajar SMA dan SMK Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, Pramuka serta Kelompok Pecinta Alam Sangatta sebanyak 100 orang.

Konsep acara pada kegiatan ini yaitu camping, sharing, kesenian, materi tentang "pengenalan rumah" oleh Kak Nina Amban dari Bumi Edukasi Bogor, dan juga kegiatan penanaman 100 bibit pohon buah yang ditanam di sekitaran BPPUTK.

Hadir juga dalam acara tersebut Kepala Balai Taman Nasional Kutai Bapak Nur Patria Kurniawan, S.Hut., M. Sc. dan staf, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur dan Kepala Dinas Pertanian Kutai Timur yang mewakili Bupati Kutai Timur untuk membuka acara.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Taman Nasional Kutai mengucapkan terima kasih kepada Kader Konservasi Balai TN Kutai Wilayah Sangatta dan Forum Pemerhati Taman Nasional  Kutai yang telah melakukan gerakan moral pertama kali di Kabupaten Kutai Timur. Beliau berharap momen ini tidak hanya sekali saja tetapi harus berlanjut. Taman Nasional Kutai merupakan milik bersama, milik masyarakat Kutai Timur yang harus dijaga dan dipertahankan.

Sumber: Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini