Wanita - Wanita Hebat di Sekitar Kawasan Penyangga Terluar

Jumat, 23 November 2018

Kotabaru, 22 November 2018 – Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Batulicin, Nikmat Hakim Pasaribu, S.P, M.Sc mengunjungi Desa Karang Payau Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru. Desa ini berdampingan dengan CA Teluk Kelumpang yang merupakan desa terjauh jika diambil dari Kotabaru.

Desa Karang Payau ini dibina sejak tahun 2018 dan pada kesempatan akhir tahun ini kembali mendapat suntikan dana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang disampaikan langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan berupa bantuan peningkatan ekonomi masyarakat sebesar 30 juta.

Kelompok Harapan Makmur merupakan kelompok binaan Balai KSDA Kalimantan Selatan dengan anggota yang seluruhnya adalah wanita. Pada kesempatan diskusi dengan Kelompok Harapan Makmur, Salasiah sebagai ketua kelompok mengatakan bahwa kelompoknya sudah berhasil mengembangkan hidroponik dimasing-masing anggota kelompok, hasil tersebut berupa bayam, sawi, dan seledri. Sebagian untuk konsumsi rumah tangga dan ada beberapa yang sudah dijual.

Kedepannya mereka menginginkan hidroponik yang lebih canggih, yaitu dengan adanya sirkulasi air sehingga memerlukan tenaga listrik. Dalam sesi diskusi berkembang bahwa dimungkinkan menggunakan listrik tenaga surya karena memang desa tersebut listriknya lebih banyak padam dibandingkan hidupnya.

Salah satu anggota Kelompok Harapan Makmur, Arni mengatakan bahwa mereka juga berkeinginan untuk mengembangkan kolam buatan untuk bisa memelihara ikan nila dan ikan lele walaupun nanti tidak terlalu besar tetapi mereka berharap bahwa ini bisa dikembangkan di desa mereka dikemudian hari.

Kepala SKW III Batulicin, Nikmat Hakim Pasaribu, S.P, M.Sc menyampaiakan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Karang Payau dan aparaturnya serta kelompok tani yang sudah bekerja sama dengan tim SKW III Batulicin dalam rangka pemberdayaan masyarakat sekaligus juga bersama-sama memelihara dan melindungi kawasan konservasi yang berada di sekitar desa mereka.

Setelah penyampaian bantuan, Kepala BKSDA Kalimantan Selatan, Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc mengharapkan dana bisa dimafaatkan secara baik dan terus memperkuat kekompakan kelompok yang nanti hasilnya bisa dinikmati secara bersama-sama oleh kelompok dan akan dikembangkan kepada anggota masyarakat lainnya sehingga keberadaan BKSDA, SKW, dan Resort di desa bisa memberikan manfaat secara ekonomi, sosial, dan ekologi.

Kepala Desa Karang Payau, Arbani, S.AP berharap keberhasilan Kelompok Harapan Makmur bisa menjadi penyemangat atau percontohan untuk ditularkan kepada masyarakat di sekitar desanya. (jrz)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan
 
Wanita-Wanita Hebat di Sekitar Kawasan Penyangga Terluar (02)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini