BKSDA Kalsel Giatkan Pelestarian Anggrek Lokal

Rabu, 21 November 2018

Pelaihari, 21 November 2018 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) melaksanakan kegiatan pembentukan kelompok masyarakat peduli anggrek di Kalimantan Selatan khususnya dimulai dari Kabupaten Tanah Laut di wilayah kerja  Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Pelaihari. Kabupaten Tanah Laut sudah ada beberapa orang yang mengembangkan anggrek secara mandiri. Sehingga dengan kondisi seperti ini, BKSDA yang mempunyai kewajiban untuk melindungi, mengawetkan, dan memanfaatkan TSL (Tumbuhan dan Satwa Liar) sangat support terhadap keberadaan orang-orang seperti mereka.

Dalam rangka percepatan, perlu adanya pembentukan kelompok sehingga nantinya kelompok itu BKSDA Kalimantan Selatan bisa memfasilitasi dan mediasi agar bisa di-support oleh para pihak lainnya. BKSDA Kalimantan Selatan nanti akan bekerja sama dengan perusahan-perusahaan baik perusahaan tambang, perusahan sawit, dan perusahaan lainnya yang mempunyai dana CSR untuk bisa dipergunakan oleh teman-teman dalam pengembangan anggrek di Kalimantan Selatan.

Kepala BKSDA Kalimantan Selatan, Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc yang didampingi oleh Kepala SKW I Pelaihari, Mirta Sari, S.Hut, M.P di sela-sela break mengatakan, “Kita juga mengundang dari organisasi PAI (Persatuan Anggrek Indonesia) Kalimantan Selatan sebagai salah satu narasumber dengan harapan nanti bersama mereka kita bisa mendorong percepatan dalam rangka untuk pemasaran hasil-hasil produk anggrek yang bernilai ekonomi. Khusus untuk anggrek lokal kita lebih kepada pembudidayaannya, tetapi nanti dalam rangka menjaga kesinambungan perekonomian kelompok maka kita juga akan membantu dalam hal bisnis anggrek yang dikembangkan dari angrek-anggrek luar”.

“BKSDA Kalimantan Selatan juga nanti akan mengembangkan tanaman anggrek ini di kawasan ekosistem esensial dalam skema keanekaragaman hayati khusus anggrek”, tambah Mahrus. (jrz)

Sumber : Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan


 
Pembentukan Kelompok Masyarakat Peduli Anggrek (01)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini