Balai TN Kayan Mentarang Tambah Kader Konservasi Menjadi 97 Orang

Kamis, 22 November 2018

Malinau, 22 November 2018. Pembentukan Kader Konservasi Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) telah dilaksanakan pada tanggal  16 hingga 18 November 2018 kemarin di Pusat Bina Cinta Alam Balai TNKM Kilometer 8. Acara di buka secara resmi oleh Kepala Balai TNKM Johnny Lagawurin yang di ikuti 27 Orang Peserta dari organisasi mahasiswa perguruan tinggi Politeknik Malinau. Johnny menjelaskan bahwa kawasan Taman Nasional kayan Mentarang butuh perhatian seluruh masyarakat agar tetap terjaga lestari. Salah satu langkah untuk mengkampanyekan perlindungan kawasan ini dengan memperbanyak kader konservasi di daerah.

“Kader Konservasi bukan hanya sekedar berkumpul dan bukan sekedar kader, tapi lebih spesifik  lagi sebagai aktivis konservasi yang berkomitmen untuk terlibat aktif dalam upaya perlindungan kawasan konservasi khususnya di kawasan TNKM. Baik melalui kegiatan di lapangan maupun mengkampanyekan perlindungan kawasan di berbagai media sosial.” Ungkap Johnny Lagawurin

Di temui disela kegiatan Jungle Tracking kamrin (18/11), Anis Mustopo di dampingi Indra Nata selaku perwakilan peserta Kader Konservasi TNKM menyebutkan, kegiatan pembentukan Kader Konservasi telah memberikan banyak manfaat bagi mereka, terutama dari segi pengetahuan mulai dari Perlindungan Hutan beserta Ekosistem di dalamnya hingga pemanfaatan jangka panjang.

“TNKM ini bukan kawasan biasa, sehingga butuh perhatian yang luar biasa agar tetap lestari. Saya pikir kami yang mengikuti kegiatan ini adalah orang-orang yang beruntung. dan secara pribadi apa yang telah saya dapatkan ini menjadi modal untuk membangun kesadaran masyarakat kita yang lain untuk peduli terhadap kawasan ini.” Ungkap Anis Mustopo selaku Presiden BEM Politeknik Malinau yang juga salah satu PNS di Lingkungan Sekretariat Dewan Pimpinan Raerah Kabupaten Malinau.

Selain itu, Ketua Panitia Pembentukan Kader Konservasi TNKM 2018 Husein Dwi Husainar menyebutkan, hingga saat ini jumlah kader konservasi TNKM sebanyak 97 orang. Dengan jumlah tersebut harapnya dapat berkarya dalam upaya konservasi dimana pun berada.

“dengan di tutupnya kegiatan pembentukan kader konservasi ini secara resmi TNKM telah memiliki 97 orang kader konservasi. Semoga kedepan dapat bertambah. Namun kader yang ada sekarang kita harapkan mereka mampu berkarya dalam upaya perlindungan kawasan konservasi dimana pun berada.” Ungkap Husein

Kegiatan pembentukan kader konservasi TNKM 2018 juga menghasilkan deklarasi peserta pada saat acara penutupan, yang berisi komitmen untuk menjaga dan melestarikan hutan dan dukungan peserta kepada Balai TNKM dalam mengawal kegiatan konservasi kapan pun dan dimana pun.

Sumber : Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini