Tingkatkan Pengembangan Wisata Alam TN Matalawa Dengan Penyusunan Master Plan

Kamis, 22 November 2018

Waingapu 22 November 2018. Setelah tahun lalu Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) menyusun Master plan pengelolaan Wisata Alam di Kawasan Hutan Manupeu Tanah Daru, kini pada tahun 2018 kembali TN Matalawa membuat Master Plan pengelolaan Wisata Alam khusus di Kawasan Hutan Laiwangi Wanggameti. Kawasan TN Matalawa patut menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia karena memiliki potensi dan peluang untuk dijadikan salah satu destinasi unggulan berkelas dunia. Kawasan ini memiliki alam dan landscape yang luar biasa berupa hamparan savanna, hutan, perbukitan, pantai, gua dan beranekargaman jenis flora fauna yang khas dan tidak dimiliki di wilayah manapun serta ditunjang dengan kekayaan dan kekentalan budaya masyarakat sumba yang khas.

Dalam penyusunan Master Plan ini TN Matalawa menggandeng Tenaga Ahli Bidang Pariwisata Alam di Kawasan Konservasi yaitu Bapak Ir. Soewartono M.Sc. Sejalan dengan meningkatnya minat publik terhadap kegiatan wisata alam dan kebutuhan untuk melakukan pemanfaatan sumber daya alam secara lestari dalam rangka pemerataan dan percepatan pembangunan wilayah serta pertumbuhan ekonomi di daerah, maka diperlukan adanya perencanaan pengembangan pariwisata alam yang dilakukan secara menyeluruh terhadap Kawasan Laiwangi Wanggameti. Perencanaan pengembangan pariwisata alam di Kawasan Laiwangi Wanggameti tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan aspek kebijakan, ekologis, fisik, teknis, estetika, dan sosial-ekonomi-budaya serta dihimpun dalam suatu Master Plan (Rencana Induk) yang digunakan sebagai dasar dalam mewujudkan pengelolaan pariwisata alam   Kawasan Laiwangi Wanggameti secara lebih baik dan berkelanjutan.

Kepala Balai TN Matalawa Maman Surahman S.Hut., M.Si menyebutkan bahwa Master Plan Pengembangan Pariwisata Alam Laiwangi Wanggameti, TN Matalawa ini merupakan dokumen perencanaan bersifat makro yang berisikan langkah-langkah strategis bagi pengembangan pariwisata alam Laiwangi Wanggameti di masa yang akan datang.  Rencana tersebut berupa pengembangan klaster, pengaturan fungsi ruang masing-masing klaster, aksesibilitas dan konektivitas antar klaster, pengembangan potensi dan atraksi ODTWA, pengembangan sarana dan prasarana wisata alam, pemasaran pariwisata, pemberdayaan masyarakat, pengembangan SDM dan kelembagaan, serta investasi.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini