Quick Respon, BBKSDA Riau Selamatkan Beruang Madu

Rabu, 14 November 2018

Pekanbaru, 14 November 2018. Quick Respon Balai Besar KSDA Riau menerima laporan bahwa seekor Beruang Madu (Helarctos malayanus) terjerat di Dusun Kenanga, RT 04, Desa Batang Duku, Kec. Bukit Batu, Kab.Bengkalis (12/11). Informasi yang di dapat, Beruang masuk jerat babi yang sengaja dipasang masyarakat Batang Duku di areal kebunnya. Pada umumnya, masyarakat di daerah tersebut suka menjerat babi dan di jual belikan kepada komunitas tertentu disana.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono segera memerintahkan Tim Penyelamatan satwa Balai Besar KSDA Riau bergerak menuju TKP untuk mengamankan satwa tersebut. Tim pun berkoordinasi dengan pemerintah desa agar sebelum Tim  evakuasi tiba, Beruang Madu tidak dilukai maupun disakiti. Namun diberikan makan dan minum serta tetap menjaga jarak dari keramaian untuk menghindari satwa sress. 

Setelah sampai di TKP,  Tim melakukan langkah langkah tindakan evakuasi. Drh. Deni dengan sigap melakukan pengecekan kesehatan dibantu anggota Tim yang lain. Drh. Deny Ramdani adalah seorang dokter yang diperbantukan dari Yayasan Arshari. Hasil pemeriksaan menyatakan bahwa Beruang dalam kondisi sehat dan layak untuk langsung dilepasliarkan.

Berhubung hari sudah malam, akhirnya Tim memutuskan untuk melakukan pelepasliaran keesokan harinya. Tak lupa Tim menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat yang hadir untuk tidak memasang jerat di sekitar kawasan walaupun di areal perkebunan sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali. Tim juga meminta kepada pemerintah setempat untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat lainnya.

Akhirnya pada tanggal 13 November 2018 pagi, tanpa ada kendala si Beruang Madu di lepasliarkan ke habitatnya di suatu kawasan konservasi yang jauh dari pemukiman penduduk.

Semoga untuk kedepannya kesadaran melestarikan satwa liar makin tumbuh di masyarakat dan pemasangan jerat tidak lagi dilakukan sehingga anak cucu kita masih dapat melihat keanekaragaman satwa di Pulau Sumatera. Pelaksanaan penyelamatan satwa liar ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Balai Besar KSDA Riau dalam rangka tanggap darurat penanggulangan konflik antara manusia dan satwa liar.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini