Mewujudkan Keselarasan melalui Kegiatan Penanaman pohon Bersama Masyarakat di TN Bali Barat

Jumat, 09 November 2018

Gilimanuk, 9 November 2018. Sebanyak 150 orang lebih yang terdiri dari unsur Muspika, Forum Komunikasi Kelompok Swadaya Masyarakat GIlimanuk, Kelompok Nelayan Karang Sewu, Kelompok Nelayan Segara Merta, para pelajar di Gilimanuk, pondok pesantren Yayasan Almansyur Klatakan, Forum umat beragama, Kelurahan Gilimanuk, PT. Shorea Barito Wisata, bersama-sama dengan petugas TN Bali Barat melakukan kegiatan penanaman pohon bersama dalam rangka memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 Nopember 2018. Penanaman pohon dilakukan di Objek Wisata Karang Sewu, Resort Gilimanuk, SPTN WIlayah I Jembrana, Taman Nasional Bali Barat. Drh Agus Ngurah Krisna K, M.Si selaku kepala balai TN Bali Barat menyampaikan dalam sambutannya saat membuka acara, perjuangan pahlawan kita dulu merebut kemerdekaan dari penjajahan tapi sekarang bentuk perjuangan kita adalah berjuang melestarikan lingkungan. Ide kegiatan penanaman bersama ini di inisiasi oleh kelompok masyarakat yang langsung direspon positif oleh Ali Purwanto, S.Hut, M.Si selaku kepala seksi PTN wilayah I Jembrana. Jenis bibit pohon yang ditanam adalah ketapang, sawo kecik, kwanji, dan intaran.

Objek wisata alam Karang Sewu merupakan salah satu tujuan wisata di kawasan TNBB. Hamparan padang rumput luas di tambah dengan panorama pantai dan hutan mangrove menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kegiatan penanaman bersama ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan kepada pengunjung sebagai tempat istirahat sambil menikmati panorama alam Pantai Karang Sewu.

Penanaman ini direspon sangat baik oleh stakeholder dan masyarakat setempat. Kebersamaan ini merupakan langkah nyata dalam pengelolaan kawasan konservasi pada masa saat ini maupun yang akan datang.

 

Sumber : Balai TN Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini