Kampanyekan Melawan Sampah Plastik Untuk Ubah Menjadi Nilai Ekonomi Tinggi

Jumat, 09 November 2018

Manado, 9 November 2018. Bertempat di Bahowo, Kelurahan Tongkaina Kec. Bunaken, Kota Manado. Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengadakan kampanye melawan sampah plastik.

Kampanye ini diikuti oleh lebih dari 250 perwakilan masyarakat baik dari warga sekitar, aparat kelurahan Tongkaina dan Kecamatan Bunaken, Polsek Bunaken serta Lantamal VIII, hingga dari perwakilan perguruan tinggi di Manado (Universitas Della Sale Manado). Turut hadir dalam acara kampanye Bara K. Hasibuan Walewangko, anggota DPR RI Komisi VII dapil Sulawesi Utara.

Ibu Dirjen PSLB3 Rosa Vivien Ratnawati, SH., M.Sc dalam sambutannya, tujuan kegiatan kampanye ini agar masyarakat melawan sampah plastik dengan melakukan pengelolaan sampah serta memanfaatkan sampah plastik sebagai bank sampah yang berpotensi hingga miliaran rupiah per tahun. Selain itu beliau juga berpesan mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai seperti plastik botol mineral dan sedotan plastik.

Bara K. Hasibuan Walewangk wakil rakyat komisi VII DPR RI yang membidangi lingkungan hidup, bahwa polusi sampah plastik ini sangat mengancam kehidupan masyarakat, dan beliau akan mendukung upaya perbaikan lingkungan hidup di Sulawesi Utara salah satunya dengan membentuk bank sampah di sekitar mangrove park Bahowo ini.

Puncak acara bertajuk “Let’s Song and Beat Plastic Pollution” ini berupa kegiatan pengumpulan sampah plastik di sekitar area Mangrove Park Bahowo secara bersama oleh seluruh perwakilan masyarakat dengan aba-aba dari Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Dr. Farianna Prabandari, S.Hut., M.Si.

Pada kesempatan ini Kepala Balai TN Bunaken menyampaikan penunjukan lokasi acara di Bahowo, sengaja dipilih karena pemukimannya berdekatan dengan kawasan TN Bunaken, sehingga kami berharap muncul kepedulian masyarakat terkait sampah plastik.

Lokasi mangrove park Bahowo dapat dijadikan starting point untuk menuju ke Taman Nasional Bunaken. Kami ucapkan terima masih kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama Dirjen PSLB3 dan Komisi VII DPR RI atas terselenggaranya acara ini, tutur Farianna.

Aksi kampanye melawan sampah plastik, juga dilakukan pembersihan area sekitar lokasi bersama perwakilan masyarakat dan tercatat sebanyak 361,32 kg sampah plastik terkumpul.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini