Balai TN Kayan Mentarang Berikan Pelatihan Pengendalian Karhutla Kepada Perusahaan Anggota APHI Komda Kaltara

Jumat, 09 November 2018

Bulungan, 9 November 2018.  Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (DALKARHUTLA) kembali dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Kayan Mentarang. Kali ini Balai TNKM bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI)  Komisariat Daerah Kalimantan Utara.

Kegiatan yang berlangsung di Kabupaten Bulungan ibukota Provinsi Kalimantan Utara pada tanggal 5 hingga 6 November 2018 ini di hadiri oleh 47 peserta yang berasal dari 8 perusahaan kayu yang beropersi diwilayah Provinsi Kalimantan Utara baik perusahaan dengan bidang usaha Hutan Tanaman Industri (HTI) maupun Hutan Alam (HA). Dan tambahan peserta pada saat simulasi Karhutla sebanyak 25 orang dari Kodim Bulungan.

Menurut Eddy Zulkarnain selaku Ketua APHI KOMDA Kaltara, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pengetahuan terkait KARHUTLA terutama pada perusahaan kayu yang berada di wilayah Kalimantan Utara.

 "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan SDM perusahaan dalam pengendalian Karhutla serta tidak lupa pula tiap anggota APHI KOMDA KALTARA taat dan patuh terhadap setiap peraturan dari negara/Pemerintah seperti INPRES Nomor 11 Tahun 2015 dan PermenLHK Nomor 32 tahun 2016 tentang pengendalian Karhutla serta peraturan lainnya" ungkap Eddy Zulkarnain

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Kayan Mentarang Johnny Lagawurin melalui Misoniman (Polhut BTNKM) dan Hendriadi Dasra (PEH BTNKM) selaku Narasumber pada kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kesadaran akan bahaya Karhutla di lingkungan pelaku usaha kayu tersebut sangat penting dan peranannya pun sangat vital.

"Peranan perusahaan kayu ini sangat vital dalam urusan karhutla, sehingga penting bagi mereka untuk mendapatkan pengetahuan tentang pencegahan dan pengendalian karhutla." Ungkap Misoniman di dampingi Hendriadi Dasra.

Selain perusahaan kayu, sebelumnya Balai TNKM juga telah banyak melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan penyangga TNKM dan masyarakat umum terkait bahaya karhutla. Baik sosialisasi berupa kegiatan maupun dalam pergaulan sosial dari masing-masing pegawainya agar pencegahan terhadap karhutla dapat berjalan efektif.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini