Monitoring, Transplantasi, dan Pembibitan Karang SPTN Wilayah I Wakai TN Kepulauan Togean

Jumat, 09 November 2018

Ampana, 9 November2018.  SPTN Wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah I Wakai TN Kepulauan Togean telah melaksanakan Kegiatan Monitoring, Transplantasi dan Pembibitan terumbu karang pada tanggal 15-31 Oktober2018. Kegiatan ini dilaksanakan anggota SPTN I bersama dengan masyarakat yang berada disekitar lokus kegiatan. Lokasi pelaksanaan kegiatan transplantasi karang dan pembibitan ini, yaitu di Sebelah Utara Pulau Siatu dekat dengan Menara. Kegiatan pembibitan dilakukan di tempat yang sama dengan kegiatan transplantasi karang harapannya adalah akan terbentuk komunitas hamparan karang hasil kegiatan yang dapat digunakan untuk mengambil bibit dan kedepannya dapat digunakan untuk menjadi spot dive dan snorkling dalam kegiatan wisata. Sedangkan kegiatan monitoring terumbu karang di lakukan pada Titik Pulau Taupan, Pinekel, Siatu, Menara Una-Una, Lumotok, dan Bomba. M. Ardiyanto selaku Ketua Tim Kegiatan menyatakan bahwa pemilihan lokasi di Desa Siatu Kecamatan Batudaka karena lokasi tersebut merupakan salah satu zona rehabilitasi di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togeankhususnya di SPTN wilayah I Wakai. Selain itu, Kegiatan inijuga merupakan salah satu bagian dari gerakan kampanyekonservasi di tingkat tapak yang di lakukan BTNKT, ujarnya.

Penanaman fragmen karang pada substrat dilakukan dengan menggunakan metode spider web dimana dalam satu substrat terdapat 19 fragmen karang. Dalam kegiatan kali ini, secara keseluruhan, substrat yang ditanam di dasar laut sebanyak 186 substrat dengan total jumlah bibit karang sebanyak 3.534 bibit.

Menurut Iksan Tengkow, SH selaku Kepala SPTN I, “Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan konservasi alam dalam rangka merehabilitasi dan memulihkan kawasan yang mengalami kerusakan akibat kegiatan illegal fishing dengan cara meningkatkan keutuhan koloni karang yang masih tersisa”. Tidak lupa, Dalam kegiatan kali ini Balai TNKT juga melibatkan sejumlah masyarakat Desa di sekitar lokasi transplantasi karang. Diharapkan dengan adanya partisipasi masyarakat dalam kegiatan kali ini, kedepannya masyarakat dapat ikut serta dalam menjaga dan memelihara karang hasil transplantasi tersebut.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini