Jajaki Peluang Kerjasama, Kepala Balai TN Babul Kunjungi Bupati Pangkep

Rabu, 07 November 2018

Bantimurung, 7 November 2018. Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) kunjungi Bupati Pangkep untuk bersilaturahmi sekaligus menjajaki peluang kerjasama antara TN Babul dengan Pemerintah Kabupaten Pangkep Senin silam (5/11).

Kepala Balai didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Baloccii dan beberapa staf bertemu dengan bupati di rumah jabatannya. Bupati tampak kasual didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pangkep saat menjamu rombongan Kepala Balai TN Babul.

Hasilnya, keduanya bersepakat untuk terus menjalin komunikasi. “Saya pikir TN Babul itu fungsinya hanya perlindungan saja. Saya baru tahu, kalau ternyata ada wilayah-wilayah tetentu yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat sekitarnya,” tutur Saymduddin A. Hamid, Bupati Pangkep.

“Betul Pak, kami bekerja berdasarkan zonasi. Ada pembagian-pembagian wilayah. Zona pemanfaatan dan zona tradisional memungkinkan untuk kegiatan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu, pemanfaatan jasa lingkungan seperti wisata alam. Tentunya melalui perjanjian kerjasama,” pungkas Yusak Mangetan, Kepala Balai TN Babul.

Lebih lanjut Yusak memaparkan bahwa saat ini terdapat pedoman kemitraan konservasi yang diatur melalui Perdirjen Nomor P.6/KSDAE/SET/Kum.1/6/2018 tentang Petunjuk Teknis Kemitraan Konservasi pada Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam.

Saat ini Balai TN Babul telah mengembangankan salah satu site wisata di Desa Biraeng, Pangkep. Nama site wisatanya adalah Kalibbong Aloa. Sebuah gua dengan mulut gua berada di ketinggian 100 meter pada dinding karst. Jadi harus manjat jika berminat menjelajahi gua dengan sajian ornamen cantiknya.

Balai TN Babul selama ini telah bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Pangkep melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pangkep untuk pengembangannya. “Kami telah membentuk kelompok pengelola ekowisata di sana, namanya Kelompok Pengelola Ekowisata (KPE) Jene Tinaro. Anggota kelompoknya adalah pemuda Kelurahan Biraeng,” terang Iqbal Abadi Rasjid, Kepala SPTN Wilayah I Balocci.

“Beberapa minggu lalu kami telah memberikan bantuan kepada KPE Jene Tinaro berupa bebarapa set alat panjat,” tambahnya.

Penyerahan bantuan alat panjat tersebut dilakukan pada Jumat (19/10/2018) di kantor SPTN Wilayah I didampingi oleh Kepala Resort Minasa Tene, Chaeril.

Selain itu di SPTN Wilayah I juga telah mengembangkan Desa Wisata Bonto Masunggu. Di mana telah dibentuk kelompok pengelolanya ke depan, nama kelompoknya adalah KPE Lamassua. Pesona utamanya adalah air terjun Lamassua.

TN Babul mengelola Kawasan Pendakian Bulusaraung juga melibatkan pemerintah Desa Balocci dan Disbudpar Pangkep. “Ke depan moga kerjasama ini terus terjaga demi kemajuan wisata di wilayah Pangkep dan taman nasional. Tentunya masyarakat juga harus terlibat di dalamnya,” kata Ahmad Djaman, Kepala Disbudpar Pangkep.

Sumber : Taufiq Ismail – PEH Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini