Komunitas Pemerhati Burung Hadir di Kalsel

Selasa, 06 November 2018

Banjarmasin, 5 November 2018. Komunitas Pemerhati Burung (KPB) Kalimantan Selatan merupakan wadah partisipasi mahasiswa dalam upaya konservasi burung yang dikukuhkan oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc bertepatan hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, 05 November 2018 di Banjarmasin.

Kegiatan utama KPB Kalsel meliputi pengembangan wawasan mahasiswa dalam hal konservasi dan perkembangan ilmiah dalam dunia burung. Menumbuhkan rasa peduli terhadap kekayaan hayati Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan dan juga mengembangkan kemampuan di bidang wildlife photography.

Kita patut berbangga, bahwa negeri kita memiliki 1.771 jenis burung dan 531 jenisnya adalah merupakan burung endemik. Di Kalsel sendiri telah teridentifikasi 176 jenis burung, dan sebanyak 65 jenis yang dilindungi.

Saat ini KPB Kalsel sedang melakukan pengamatan  dan mendokumentasikan sekaligus membuat daftar spesies burung yang ditemukan di Stasiun Riset Lahan Basah Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan di bawah binaan Yayasan SBI dan supervisi BKSDA Kalsel.

Lebih lanjut Mahrus berharap komunitas ini bisa berkembang dan meningkatkan kepedulian terhadap burung dan habitatnya. Kami juga berterima kasih kepada Yayasan SBI Bu Amelia dan kawan2 serta parapihak yang sudah bekerjasama dalam kerja-kerja konservasi di Kalimantan Selatan. (jrz)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan
 
Komunitas Pemerhati Burung Hadir di Kalsel (02)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini