Balai KSDA Jambi Hadiri Uji Petik Penilaian Operasioanl KPHK non TN Regional Sumatera

Senin, 05 November 2018

Palembang, 5 November 2018. Selama tanggal 24 hingga 25 Oktober 2018  BKSDA Jambi mengikuti kegiatan Uji Petik Penilaian Operasional KPHK non TN di Regional Sumatera. Kegiatan ini bertempat di Hotel Santika Premier Palembang dan diikuti oleh Direktorat KK, WI Pusdiklat SDM LHK, Peneliti Puslitbang Sosekjak dan PI KLHK, Ka. Balai KSDA Sumsel, Ka. Balai KSDA Jambi dan beberapa kepala KPHK Regional Sumatera (16 orang). Ka. Balai KSDA Jambi sendiri diwakilkan oleh Sdr. Seto Soedarmono, SP.

Penilaian operasional KPHK non TN diarahkan pada penilaian kesiapan beroperasinya KPHK tersebut bukan pada penilaian kinerja. Implementasi KPHK non TN Regional Sumatera masih memiliki keterbatasan baik sarana prasarana, SDM, anggaran, kewenangan dan regulasi (untuk kemandirian KPHK). Nantinya akan dipilih KPHK model dari hasil penilaian uji petik operasional KPHK di setiap wilayah. Pengelola KPHK non TN berkewajiban membangun baseline data pengelolaan kawasan serta mengembangkan pemanfaatan yang optimal dan berkelanjutan.

Terdapat peluang pendanaan bagi operasional KPHK dengan terbitnya Perpres No. 77/2018 tentang pengelolaan dana LH. Untuk kedepannya perlu dilakuka perbaikan terhadap matrik penilaian diantaranya batas wilayah sebagai verifier penilaian dan kematangan dalam penilaian verifier.

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini