Perjumpaan Elang Jawa di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu

Kamis, 01 November 2018

Boyolali, 1 November 2018. Kegiatan Monitoring Elang jawa di Kawasan TNGMb pada 26-29 September 2015, Tim Blok Ngagrong (Jarot W, dkk) menjumpai Elang jawa di lokasi Blok tersebut. Perjumpaan pertama terjadi di atas kali Sabrangan yang didominasi tumbuhan Kesowo, dijumpai Elang jawa dewasa 1 ekor sedang tengger pada cabang pohon Kesowo. Perjumpaan berikutnya di area air terjun Pesanggrahan Blok Ngagrong sebanyak 1 ekor dengan aktivitas terbang soaring  dari dalam pepohonan Kesowo atas air terjuan dan kembali ke tajuk Kesowo tersebut, bahwa Elang Jawa yang teramati ini masih berumur muda (juvenile).

Perjumpaan Elang jawa di kawasan TNGMb ini menjadi data penting dan dapat memberikan pertimbangan pembuatan kebijakan dan rencana pengelolaan satwa prioritas kedepan. Selama ini perjumpaan secara langsung Elang jawa dewasa dan sedang soaring dan tengger. Kemudian dikuatkan dengan perjumpaan Elang jawa usia muda atau juvenile yang menunjukkan semakin dekat pada lokasi sarang dari Elang jawa tersebut. Rekomendasi kedepan dapat dilakukan kegiatan eksplorasi sarang Elang jawa dan perhitungan populasinya. Tentunya dengan melibatkan pihak akademisi dan pengamat burung raptor independen.

Kegiatan Identifikasi Raptor di Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) di bulan Oktober 2013 dijumpai Elang jawa di Blok Tulangan (Resort Selo). Perjumpaan ini menjadi peristiwa penting dan perjumpaan yang pertama kali di hutan TNGMb sejak tahun 2007 (Survei aves Yayasan Kutilang-TNGMb) dan bisa dibuktikan dengan foto berdasar identifikasi ahli raptor (Asman-RAIN Jogjakarta). Kegiatan Monitoring Elang jawa pada bulan November 2015, tim menjumpai Elang Jawa di Blok Simpang Macan sebanyak 1 ekor dengan aktivitas terbang soaring  dekat Pos 1 jalur pendakian Selo. Kemudian Elang jawa teramati bertengger di pohon Acacia decurens yang meranggas.

Perjumpaan lagi Elang jawa di hutan TNGMb disajikan pada tabel berikut ini.

No

Periode

Jenis Raptor

Lokasi

Pengamat / Petugas

1

September 2013

Elang jawa (1 ekor dewasa) soaring

Blok Tulangan, Resort Selo

Jarot Wahyudi dan Asman AP (RAIN)

2

Juni 2014

Elang jawa dan Elang hitam (@ 1 ekor) aktivitas soaring

Blok Kajor, Resort Wonolelo

Jarot Wahyudi dan Suparmin

3

November 2015

Elang jawa (1 ekor dewasa) tengger di Akasia

Blok Simpang Macan, Resort Selo

Dwianto TW dan Danan Jaya

 

4

Juli 2017

Elang jawa (1 ekor dewasa)
tengger di Kesowo

blok Ngagrong, Resort Ampel

Ekowati dan Agung Prihatmoko

5

Maret 2018

Elang jawa (1 ekor dewasa)
tengger di Kesowo

blok Ngagrong, Resort Ampel

Gilang DN dan Aditya (Peneliti S1 UNS)

6

Mei 2018

Elang jawa (1 ekor dewasa) soaring

Blok Tuk Babon, Resort Selo

Jarot Wahyudi

Kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) merupakan habitat dari beraneka ragam flora dan fauna khas pegunungan dan endemik di Jawa. Spesies prioritas yang dimiliki TNGMb adalah Rek-rekan (Presbytis fredericae) dan Elang jawa (Nizaetus bartelsi). Elang jawa sebagai Top Predator  dalam piramida makanan menjadikan keberadaan dan fungsi Elang jawa (raptor) sangat penting dalam penyeimbang ekosistem sebuah kawasan hutan. Rek-rekan sudah diketahui menetap di hutan Gunung Merbabu lereng selatan (Resort Selo) dan barat (Resort Pakis), sedangkan Elang jawa baru sebatas perjumpaan langsung baik saat soaring dan tengger (belum ditemukan sarangnya).

Sumber  :  Jarot Wahyudi, S.Hut - PEH Pertama Balai Taman Nasional Gunung Merbabu
Hasil monitoring Elja di Blok Ngagrong, wilayah Resort Ampel

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini