Penguatan Kelembagaan Petani Nelayan di Swarangan

Jumat, 05 Oktober 2018

Pelaihari, 4 Oktober 2018 – Monitoring dan pendampingan kelompok usaha perikanan “Kelompok Laksmana Bahari” di Desa Swarangan, Jorong bertujuan menjaga semangat kebersamaan di antara anggota kelompok dan pengurus terhadap kegiatan yang sudah mereka laksanakan antara lain membuat ikan kering dalam paket-paket tertentu dan dibungkus yang rapi serta menarik. Selama ini sudah mulai dipasarkan melalui pertemuan-pertemuan di tingkat Kabupaten Tanah Laut dan juga melalui media sosial.

“Selain penguatan tentu dalam rangka untuk pengembangan kegiatan”, kata Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc, Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan. Masyarakat berharap kegiatan ini dikembangkan dalam hal pemasaran. “Sedangkan bahan baku jika pada bulan-bulan tertentu misalnya mulai bulan Januari sampai Juni ikan sangat berlimpah dan perlu ada pemasaran yang lebih baik lagi sehingga nanti hasil dan nilai jualnya menjadi lebih tinggi”, tambah Mahrus.

Sekdes Swarangan, Hamdani berharap ada lagi kegiatan selain ini yaitu pengembangan jasa wisata untuk camping ground di Pantai Swarangan. “Karena di sana sudah tumbuh banyak pohon cemara laut yang indah dan pantainya yang cukup landai sehingga bisa menjadi tempat bermain bagi anak-anak jadi perlu dikembangkan”, tuturnya. Ketua Kelompok Laksmana Bahari, Taibani berharap perlu ditingkatkan lagi dalam hal kualitas sehingga nantinya harga bisa menjadi lebih bersaing.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari, Mirta Sari, S.Hut, M.P yang didampingi oleh Kepala Resort Suaka Margasatwa Pelaihari, Akhmad Fauzan, S.Hut mengatakan, “Kegiatan di SKW I Pelaihari ini bukan hanya di Desa Swarangan tetapi juga dilaksanakan di Desa Sabuhur yaitu pengembangan lebah madu sehingga dua desa ini diharapkan nanti bisa bersama-sama dengan SKW I Pelaihari melaksanakan kegiatan lainnya seperti perlindungan kawasan dalam hal patroli dan tentu menjaga jangan sampai kawasan konservasi itu dijarah oleh orang luar. (jrz)

Sumber : Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini