Pembentukan Masyarakat Peduli Api Taman Nasional Kelimutu Tahun 2018

Jumat, 05 Oktober 2018

Ende, 5 Oktober 2018. Sebagai salah satu upaya peningkatan peran serta masyarakat dalam pengendalian karhutla di kawasan konservasi, Balai TN Kelimutu melaksanakan Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 - 2 Oktober 2018 di Ende.

Kelompok MPA ini berjumlah 30 orang yang dibagi dalam 2 regu. Anggota MPA merupakan masyarakat desa penyangga TN Kelimutu dari Kecamatan Detusoko. Pengajar dalam kegiatan ini adalah Ibu Ni Nyoman Yeni Susanti yang berasal dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim LHK Wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Bapak Joko Waluyo dari BTN Kelimutu dan Bapak Yohanes Hebi yang merupakan Camat Detusoko. 

Pembentukan MPA ini diawali dengan pembekalan teknis yang menitikberatkan pada pembentukan kelompok, penguatan kelembagaan,  dan pengenalan teori terkait mitigasi, kebakaran hutan dan lahan serta pencegahannya, pengenalan sarana prasarana terkait dalkarhutla, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota MPA dalam bidang dalkarhutla.

Sumber: Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini