Dua Orang Staf TN Bromo Menghadiri Seminar on Protection of Cultural Heritage for Developing Countries di China

Jumat, 05 Oktober 2018

Malang, 4 Oktober 2018. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mendapatkan kesempatan untuk mengikuti "2018 Seminar on Protection of Cultural Heritage for Developing Countries" di China pada tanggal 22 Agustus – 13 September 2018. BBTNBTS mengirimkan 2 (dua) orang perwakilan, yaitu Bidhin Lintang Anggraheni, S.Hut., M.P. (Kepala Seksi PTN Wilayah III Senduro) dan Bambang J.S. Purnama, S.Hut (Pengendali Ekosistem Pertama). Seminar yang diadakan oleh Central Academy of Cultural Administration (CACA) yaitu lembaga pendidikan dan pelatihan dibawah Kementerian Budaya dan Pariwisata Republik Rakyat China juga dihadiri oleh perwakilan dari beberapa negara, seperti Pakistan (2 orang), Srilanka (1 orang), Azerbaijan (1 orang), Malta (2 orang), Iran (1 orang), Ethiopia (9 orang), Erithrea (2 orang), Libya (4 orang), Mesir (2 orang), Tanzania (1 orang), Suriname (1 orang), Sudan Selatan (4 orang).

Kegiatan seminar di China tersebut diisi dengan materi dalam kelas mengenai perlindungan dan pelestarian warisan budaya baik benda maupun tak benda. “Kami juga berkesempatan untuk mempresentasikan warisan budaya benda dan tak benda serta pengelolaannya di Indonesia, selain itu dari masing-masing perwakilan negara juga berbagi kesepahaman antara para peserta,” ujar Bidhin.

Selain materi di dalam kelas, kegiatan juga dilakukan dengan melakukan kunjungan ke lapangan untuk mengetahui pengelolaan warisan cagar budaya yang ada di China. Kunjungan tersebut diantaranya : Tembok Besar China di Beijing, Museum Beijing Capital, Kota Terlarang di Beijing, Gunung Huang (Yellow Mountain) di Huangshan, Pabrik Ink Stone di Huangshan, Museum Keramik di Jingdezhen, Museum Teh di Anhui. Bidhin menjelaskan bahwa kegiatan seminar dilaksanakan di 3 (tiga) tempat yaitu di Daxing District, Beijing untuk materi dalam kelas, sedangkan kunjungan ke lapangan dilaksanakan di Huangshan, Propinsi Anhui dan Jingdezhen, Propinsi Jiangxi.

Menurut John Kenedie (Kababes TNBTS), “Saat ini BBTNBTS telah menjalin kerjasama yang sangat baik dengan Konsulat Jenderal Republik Rakyat China di Surabaya dan kesempatan kunjungan BBTNBTS ke China ini merupakan undangan yang kedua kalinya dari Pemerintah Republik Rakyat China.”

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini