Balai TN Bukit Duabelas Wujudkan Orang Rimba Sehat

Kamis, 04 Oktober 2018

Muara Tabir, 3 Oktober 2018. Bertempat di Desa Sungai Jernih , Kecamatan Muara Tabir  dilakukan pemberian imunisasi MR  (Measless dan Rubella) kepada 36 orang anak Orang Rimba  yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo.  Selain pemberian imunisasi MR dilakukan juga pengobatan gratis serta pemberian paket bantuan kepada kurang lebih 79 Orang Rimba  Tumengung Ngadap.

Kesehatan merupakan suatu pekerjaan dalam pengelolaan kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas yang dihuni oleh Orang Rimba.  Perubahan pola hidup Orang Rimba yang dahulunya hidup dengan cara berburu dan meramu makanan yang terdapat di dalam hutan kini mulai berubah. Mereka mulai hidup dengan bercocok tanam dengan pola hidup yang masih berpindah-pindah. Contoh penyakit yang mereka derita saat kegiatan pengobatan diantaranya adalah: Demam, penyakit kulit, batuk, serta kurang gizi. Orang Rimba pada umumnya belum mengenal dan tidak divaksin. Mereka melakukan pengobatan dengan ramu-ramuan tumbuh-tumbuhan yang terdapat di alam.

Kegiatan pemberian imunisasi MR (Measless dan Rubella) serta pengobatan pada Orang Rimba merupakan kegiatan positif dan didukung oleh Taman Nasional Bukit Duabelas.  Harapannya agar Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten serta Taman Nasional Bukit Duabelas dapat bersinergi dalam mewujudkan Orang Rimba yang sehat. Semoga!!! Salam Lestari!!

Sumber : Ganda Josua Samosir, S.Hut - Penyuluh Kehutanan Taman Nasional Bukit Duabelas

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini