BKSDA Kalsel Pemberdayaan Masyarakat Lebah Madu

Rabu, 03 Oktober 2018

Kotabaru, 3 Oktober 2018 – Pembentukan kelompok masyarakat budidaya lebah madu di desa Betung Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru merupakan  salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat bagian dari kinerja yang harus di laksanakan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan. Kepala BKSDA Kalsel, Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc menjelaskan bahwa tujuan pembentukan kelompok masyarakat budidaya lebah madu untuk meningkatkan produktifitas hutan konservasi yang ada. Selain itu kelompok masyarakat juga mendapatkan penghasilan dari lebah madu dengan menjual madunya.

“Dalam rangka konservasi tanaman yang sebagai sumber pakan lebah madu, dengan sendirinya akan menanam tanaman kaliandra, kapuk , buah buahan dan tanaman hias pekarangan sehingga selain sebagai pengindah pekarangan juga sebagai sumber pakan lebah madu”, lanjut Kepala BKSDA Kalsel.

Sekretaris Desa Betung Bapak Syahransyah menyambut baik kegiatan pemberdayaan masyarakat di desanya. Beliau berharap kegiatan ini berkelanjutan, dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan hutan terpelihara.

Lebah madu yang akan di kembangkan ada dua jenis, yaitu jenis kelulut (Trigona sp.) dan lebah (Apes cerana). Materi budidaya lebah dalam pembentukan kelompok kali ini di sampaikan oleh Bapak Abdul Basit selaku masyarakat pembudidaya lebah madu maupun kelulut yang berhasil dari Kabupaten Tanah Laut.

Pembentukan kelompok yang telah diberi nama Madu Betung Mandiri di dampingi oleh penyuluh dari KPH Pulau Laut dan Sebuku Ibu Rohimah, S.Hut. Kepala KPH Pulau Laut dan Sebuku juga turut hadir dalam pembentukan kelompok budidaya sangat mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat ini, adapun harapan Ibu Dewi Wulansari, S.Hut kegiatan ini tidak hanya di Desa Betung saja tetapi dilaksanakan juga di desa-desa lainnya sekitar hutan.

Pembentukan kelompok Madu Betung Mandiri diakhiri dengan penyerahan sarang lebah madu cerena dan sarang lebah madu kelulut secara simbolis oleh Kepala BKSDA didampingi KSBTU Suwandi, S.Hut, MA dan Kepala SKW III Batulicin Nikmat Hakim Pasaribu, S.P, M.Sc didampingi Kepala Resort  Cagar Alam Selat Laut dan Selat Sebuku Yofi Azhar kepada kelompok Madu Betung Mandiri untuk dibudidayakan di Desa Betung. (jrz)

Sumber : Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini