BBTN Bromo Tengger Semeru Realisasikan Bantuan Alat Pembuat Briket Arang di Ranu Pani

Rabu, 03 Oktober 2018

Lumajang, 2 Oktober 2018. Bertempat di Aula Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menyerahkan bantuan 2 set alat dan mesin pembuatan briket arang kepada 2 kelompok binaan TN Bromo Tengger Semeru di Desa Ranu Pani masing-masing kelompok Rukun Mandiri dan Ikatan Peduli Lingkungan. Penyerahan bantuan alat dan mesin pencetak briket arang di sampaikan langsung kepada ketua kelompok Rukun Mandiri yaitu Sutono dan Ikatan Peduli Lingkungan diwakili oleh Mistani. Penyerahan bantuan tersebut di saksikan juga oleh pejabat esselon III, IV dan staff TNBTS, Perwakilan PEMDA Lumajang yang diwakili oleh Agus Bambang DH Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup , Perwakilan Dinas Pemberdayaan masyarakat, Kecamatan Senduro, Polsek dan Koramil Senduro, Komunitas Gimbal Alas, Komunitas Saver, tokoh masyarakat Desa Ranu Pani dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan sambutan Kepala Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru, Ir. John Kenedie, MM menyampaikan bahwa bantuan alat dan mesin pencetak briket ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan role model di Bidang PTN 2 Lumajang yaitu pengembangan kolaboratif zona tradisional bersama masyarakat Desa Enclave Ranu Pani yang di gagas sejak tahun 2017. Harapannya alat dan mesin ini selain bisa menjadi solusi masyarakat sekitar akan kebutuhan arang untuk penghangat juga mampu mengurangi ekspansi tumbuhan Ki Rinyuh yang merupakan bahan baku briket arang dan melimpah di dalam kawasan TN Bromo Tengger Semeru. Mudah-mudahan bantuan ini bisa di manfaatkan seoptimal mungkin, dirawat, dijaga dan di pelihara oleh kelompok sehingga terjadi sinergi antara kelestarian kawasan TNBTS dengan kebutuhan masyarakat Ranu Pani akan arang sebagai penghangat ruangan dalam mendukung aktivitas sehari-harinya.

John juga berharap bantuan stimulan dari TN Bromo Tengger Semeru kepada masyarakat merangsang Pemerintah Daerah Lumajang untuk memberikan bantuan yang sama kepada masyarakat Ranu Pani mengingat kebutuhan akan briket arang sangat besar sementara bantuan alat yang dapat diberikan TN Bromo Tengger Semeru masih terbatas kepada dua kelompok tersebut. Himbauan Kepala Balai Besar tersebut TNBTS mendapat sambutan positif oleh perwakilan Pemda Lumajang dan berjanji diteruskan ke Bupati Lumajang. John juga berharap masyarakat Desa Enclave Ranu Pani bisa bersinergi dengan TN Bromo Tengger Semeru dalam pengelolaan kawasan sehingga kelestarian kawasan dari segala bentuk tindak destruktif dapat di eliminir di masa yang akan datang.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini