Upaya Mendorong Peran Masyarakat Melalui Program Pembinaan Desa Sekitar Kawasan Konservasi

Rabu, 03 Oktober 2018

Riau - 3 Oktober 2018, Balai Besar KSDA Riau terus berusaha agar masyarakat di sekitar kawasan konservasi merasakan manfaat adanya kawasan konservasi di daerahnya.

Di Tahun 2018 ini, terdapat 5 desa yang menjadi Model Peningkatan Usaha Ekonomi Produktif melalui Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Kawasan. 

Pembentukan kelompok oleh Kepala Desa di fasilitasi oleh tim dari Balai Besar KSDA Riau. Selanjutnya kelompok didampingi tentang tata cara dan penyusunan rencana kerja dan di berikan pemnekalan peningkatan kapasitas personil kelompok.

Untuk memberi panduan tata cara dan teknis penanaman mrica, Balai Besar KSDA Riau melibatkan tenaga pendamping masyarakat teladan tingkat Nasional untuk memberikan bimbingan.

Untuk tata cara dan teknis penanaman Aren, didatangkan Ketua Asosiasi Aren untuk memberikan bimbingan. Disamping itu motivator dari setiap Dinas dari masing- masing Kabupaten juga didatangkan memberikan arahan dan motivasi kepada kelompok tani hutan yang telah dibentuk.

Kepala Bidang Wilayah l Mulyo Hutomo, mewakili kepala Balai Besar KSDA Riau, menyampaikan salam dari Bapak Kepala Balai Besar KSDA Riau yang saat penyerahan bibit tidak dapat hadir. Bibit Jernang dan Aren di serahkan kepada masyarakat sekitar kawasan konservasi yang berada di 2 (dua) Kabupaten tersebut.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Wil l menyampaikan harapan bahwa masyarakat bisa terus berkomunikasi secara intensif dengan Balai Besat KSDA Riau dalam upaya mengembangkan insentif ekonomi dengan konsep peran serta dalam pengawetan dan perlindungan sumberdaya alam sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan secara lestari dan berkesinambungan.

Acara selanjutnya di akhiri dengan penanaman secara simbolis Oleh Kepala Bidang Wil l dan Kepala Seksi wilayah. Warga yang hadir berharap Balai Besar KSDA Riau terus bersedia mendampingi masyarakat dalam usaha peningkatan ekonomi ini sehingga tidak hanya penanaman simbolis tetapi dapat melaksanakan panen simbolis dimasa datang.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini