Tana Bentarum Bina MMP di Lanjak

Rabu, 26 September 2018

Lanjak, 26 September 2018. Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pengetahuan anggota Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP), Bidang PTN Wilayah I Mataso Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TanaBentarum) gelar kegiatan Pembinaan MMP. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari Lanjak pada tanggal 26 – 28 September 2018. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalahmasyarakat anggota MMP yang sudah dibentuk dan ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) dari Balai Besar Tana Bentarum. Peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan MMP sebanyak 10 orang yang berasal dari 3 dusun di Desa Mensiau, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu. Desa Mensiau merupakan salah satu desa penyangga kawasan Taman Nasional Betung Kerihun di wilayah bagian barat.

Peserta pembinaan mendapatkan beberapa materi yang terdiri dari dasar-dasar perlindungan dan pengamanan hutan, tugas dan fungsi MMP, tindak pidana kehutanan : macam, mekanisme, dan sanksinya, pembuatan laporan informasi (LI), praktek penggunaan GPS, dan praktek pembuatan laporan informasi (LI). Kegiatan diakhiri dengan penutupan berupa pemberian sertifikat dan kartu anggota MMP kepada para peserta pembinaan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP)  merupakan kelompok masyarakat sekitar hutan dengan nama tertentu yang dibentuk atas inisiatif dari masyarakat dan /atau atas inisiatif dari instansi pusat atau daerah yang membidangi bidang perlindungan hutan, yang berkedudukan di desa yang berada di daerah penyanggakawasan hutan. Dengan adanya kegiatan pembinaan MMP diharapkan dapat meningkatkan pola perlindungan dan pengamanan kawasan hutan secara maksimal antara pihak Balai Besar Tana Bentarum dan masyarakat sekitar hutan, khususnya yang tergabung dalam kelompok MMP Desa Mensiau.

Sumber : Ahmad Rindoan, S.Hut - Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini