Memetik Ilmu Langsung di Lapangan

Kamis, 27 September 2018

Waingapu, 27 September 2018.  Berlokasi di blok hutan Taman Mas  termasuk kedalam kelompok hutan Manupeu Tanah Daru. Petugas Lapangan Gaudencio Gabriel S.ST selaku Kepala Resort Taman Mas melakukan pengecekan pilar batas kawasan yang dilakukan bersama-sama dengan Siswa-siswi SMK Kehutanan Mawodana-Sumba Barat Daya. Kegiatan pengecekakan pilar batas kawasan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada siswa-siswa SMK Kehutanan terkait upaya pengukuhan kawasan hutan  yang ada di Kawasan Hutan TN Matalawa. Pengukuhan kawasan hutan merupakan kegiatan yang sangat penting dan menjadi dasar dalam penentuan status hukum hutan, apakah menjadi kawan hutan produksi, lindung maupun konservasi.

Secara umum pengukuhan kawasan hutan dilakukan melalui beberapa proses diantaranya: penunjukan kawasan hutan, penataan batas kawasan, pemetaan batas kawasan dan penetapan kawasan hutan. Pada kondisi saat ini di TN Matalawa pada kelompok hutan Manupeu Tanah Daru telah selesai di lakukan penataan batas kawasan (telah  temu gelang) satu tahap lagi terhadap upaya penetapan  kawasan hutan, sementara pada kelompok hutan Laiwangi Wanggameti telah  selesai dilakukan penetapan kawasan hutan.

Kemantapan  batas kawasan hutan berdampak terhadap efektifitas pengelolaan kawasan hutan itu sendiri, baik terhadap upaya perlindungan, pengawetan keanekaragaman hayati serta pemanfaatan secara lestari, tentunya secara langsung maupun tidak langsung kelestarian kawasan hutan yang mantap akan memberikan efek positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini