Transplantasi dan Pembuatan Kebun Bibit Karang TN Kepulauan Togean

Senin, 24 September 2018

Lebiti, 23 September 2018. Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) khususnya Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah II Lebiti melakukan kegiatan Transplantasi terumbu karang dan pembuatan kebun bibit karang di pulau Kadidiri tepatnya di depan reef Harmony Bay Cottage pada tanggal 18 September sampai dengan 23 September 2018. Hal ini dilakukan di lokasi dimaksud karena lokasi tersebut salah satu zona rehabilitasi di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean khususnya di SPTN wilayah II Lebiti. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bagian dari gerakan kampanye konservasi di tingkat tapak yang di lakukan Balai TNKT. 

Pada kegiatan transplantasi terumbu karang, SPTN Wilayah II Lebiti melakukan penanaman fragmen karang pada substrat dengan menggunakan metode spider. Yang mana dalam satu substrat terdapat 19 fragmen karang. Dalam kegiatan kali ini, dilakukan peletakan substrat di dasar laut sebnyak 70 substrat dengan jumlah bibit karang sebanyak 1330 bibit.

Selain melakukan kegiatan Transplantasi Karang dilakukan juga kegiatan kebun bibit karang, kami meletakkan 50 media meja karang di dasar laut dimana setiap meja terdapat 50 bibit karang dengan jumlah total penanaman karang pada media meja sebanyak 2500 bibit karang. Balai TNKT melibatkan masyarakat dan wisatawan asing yang berada di sekitar lokasi penanaman bibit karang. Kebun bibit karang ini dimaksudkan agar pada saat nantinya dilakukan kegiatan transplantasi karang bibit yang akan diambil berasal dari kebun karang tersebut dan bukan berasal dari alam.

Kegiatan transplantasi terumbu karang dan pembuatan kebun bibit karang merupakan salah satu kegiatan konservasi alam dalam merehabilitasi dan memulihkan kawasan yang mengalami kerusakan serta meningkatkan keutuhan koloni karang yang masih tersisa.

Sumber : Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini