Posko Siaga Manggala Agni TN Bantimurung Bulusaraung Berhasil Kendalikan Kebakaran Lahan di Desa Pucak, Maros

Jumat, 21 September 2018

Bantimurung, 21 September 2018. Kebakaran lahan terjadi pada Minggu (16/8), di Dusun Pangembang, Desa Puncak, Tompobulu, Maros. Lokasi ini berada di luar kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Hanya saja jaraknya cukup dekat dengan daerah penyangga kawasan taman nasional yakni sekitar 4,2 km.

Personil Polsek Tompobulu kemudian menyampaikan informasi kebakaran ini kepada Posko Siaga Manggala Agni Brigae Macaca TN Bantimurung Bulusaraung melalui call center (0852 5448 1945) yang telah dirilis. Posko siaga kemudian menanggapi laporan ini dengan mengirimkan tim untuk melakukan size up di lokasi kebakaran.

Lokasi kebakaran merupakan areal penggunaan lainnya (APL) yang memiliki topografi cukup curam antara 30-45 derajat. Tim groundcheck kemudian melakukan koordinasi dengan aparat setempat : Polsek Tompobulu, Desa Pucak dan Kecamatan Tompobulu. Sebanyak 26 personil pemadam kemudian diterjunkan dengan rincian Polisi Kehutanan sebanyak 2 orang, Manggala Agni 17 orang, personil Polsek 2 orang, dan masyarakat setempat sebanyak 5 orang.

Dengan 20 unit jetshooter, peralatan tangan, satu unit slipon, dan satu unit pengangkut barang dimanfaatkan untuk menyuplai air, tim kemudian melakukan pemadaman api. Pemadaman dimulai Pukul 17.15 WITA. Setelah empat jam melakukan pemadaman akhirnya api dapat dikuasai. Tim kemudian melanjutkan proses mop up hingga pukul 21.30 WITA.

“Saya apresiasi kesigapan Posko Siaga Manggala Agni yang berhasil memadamkan api di Desa Pucak, Tompobulu, Maros”, pungkas Yusak Mangetan, Kepala Balai TN Bantimurung Bulusaraung  yang kami temui terpisah.

Luas kebakaran yang telah terjadi diperkirakan sekitar 2,7 ha. Aparat setempat dan masyarakat menyampaikan terima kasih atas bantuan Tim Posko Manggala Agni TN Bantimurung Bulusaraung.

Sumber: Surapil – Polisi Kehutanan Balai TN Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini