Konsultasi Publik Penataan Blok Suaka Margasatwa Balai Raja dan Suaka Margasatwa PLG Sebanga

Kamis, 20 September 2018

19 September 2018. Dalam upaya peningkatan pengelolaan Suaka Margasatwa SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga, Balai Besar KSDA Riau selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT), pelaksana pengelolaan 2 (dua) kawasan tersebut, mengadakan konsultasi publik di Hotel Pantai Marina Bengkalis.

Konsultasi Publik dihadiri oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kab. Bengkalis, Mohammad Azmir, Dinas Pariwisata Kab. Bengkalis, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bengkalis, Dinas Pertanian Kab. Bengkalis, Camat, Kepala Desa dan masyarakat sekitar kawasan SM Balai Raja Dan SM PLG Sebanga.Acara dibuka oleh Kepala Bidang Teknis Balai Besar KSDA Riau, M. Mahfud.

Tujuan secara umum diadakannya Konsultasi Publik adalah

  • Meningkatkan legitimasi dan efektifitas penyusunan Dokuman Penataan Blok Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja Dan Suaka Margasatwa (SM) Plg Sebanga, karena Dokumen Blok yang dihasilkan memperoleh dukungan dari para stakeholder yang hadir pada acara konsultasi publik.
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas Dokuman Penataan Blok Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja Dan Suaka Margasatwa (SM) Plg Sebanga

Sedangkan tujuan secara khusus dari kegiatan Konsultasi Publik ini adalah untuk memperoleh masukan dan informasi tambahan secara eksternal dari instansi-instansi pemerintah terkait lainnya, dan masyarakat, berdasarkan masukan-masukan para pihak dalam konsultasi publik, selanjutnya dilakukan finalisasi dokumen “Penataan Blok Pengelolaan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga."

Pembahasan dan diskusi selama Konsultasi Publik menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi :

  1. Blok Pengelolaan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga yang disusun diharapkan mendukung pelestarian kawasan sesuai fungsi dan tujuan pengelolaan kawasan berwawasan lingkungan.
  2. Kondisi eksisting kawasan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga yang saat ini terdapat permukiman, perkebunan, pertambangan, dan fasilitas umum sudah masuk dalam Blok Khusus dengan persentase + 97 % yang di dorong dengan upaya melakukan program bersama masyarakat baik dalam mendorong kelestarian kawasan serta upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan wisata alam dan penanaman tanaman non sawit yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Kawasan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga sebagai pendukung pendidikan, penelitian dan penyadartahuan konservasi alam serta bersinergi dengan rencana pengembangan wilayah sekitarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Berkenaan dengan kebutuhan kooridor dan home range gajah terutama pada blok khusus maka perlu diupayakan pemulihan dan penetapan koridor sehingga akan meminimalisasi munculnya konflik satwa.
  5. Perlunya tindaklanjut di tingkat pusat atas kondisi eksisting di Suaka Margasatwa Balai Raja dan Suaka Margasatwa PLG Sebanga yang saat ini sebagai Blok Khusus.

  

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini