TWA Madapangga menjadi Tuan Rumah Lomba Tanaman Obat Tradisional Tingkat Provinsi

Rabu, 19 September 2018

Senin 17 September 2018, Bima - Bertempat di Taman Wisata Alam Madapangga dilakukan kegiatan penilaian Lomba Tanaman Obat Tradisional tingkat Provinsi. Kabupaten Bima diwakilkan oleh kelompok tanaman obat keluarga "MECI ANGI" yang merupakan kelompok masyarakat binaan SKW III Bima BKSDA NTB.

 Lomba Tamanam Obat Keluarga ini diikuti oleh 7 kelompok dari 7 Kabupaten/Kota di Provinsi NTB. Pemenang Lomba akan mendapat kesempatan untuk selanjutnya mewakili Provinsi NTB dalam Lomba Tanaman Obat Keluarga Tingkat Nasional. Pemenang Lomba Tanaman Obat Tradisional Tingkat Provinsi ini akan diumumkan bertepatan dengan Ulang Tahun Provinsi NTB pada tanggal 12 Desember 2018 nanti.

Termasuk dalam Aspek penilaian lomba antara lain, administrasi, verifikasi dokumen, pemanfaatan obat di tingkat masyarakat, penilaian langsung ke rumah-rumah anggota dalam penanaman di pekarangan, serta faktor keterlibatan stakeholder dalam pembinaan masyarakat. Yang menarik Para peserta lomba melakukan peramuan obat-obatan tradisional yang sebagian besar berasal langsung dari dalam TWA Madapangga.

Nilai tambah diberikan kepada kelompok tanaman obat keluarga MECI ANGI, karena selain untuk pemanfaatan obat tradisional, Kelompok binaan SKW III BKSDA NTB juga menjadikan tanaman obat sebagai salah satu atraksi wisata pendidik yaitu pengenalan jenis tumbuhan obat yang ada di dalam TWA.Madapangga.(Sumber : SKW III Bima BKSDA NTB)

Sumber: BKSDA Nusa Tenggara Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini