Menjadi TWA, Danau Tes Ditata Blok

Jumat, 14 September 2018

Bogor, 14 September 2018, Perubahan fungsi kawasan Cagar Alam (CA) Air Ketebat Danau Tes seluas 2.724,46 Ha menjadi Taman Wisata Alam (TWA) Danau Tes berdasarkan SK. Menteri LHK Nomor: SK.3558/MENLHK-PKTL/KUH/PLA.2/5/2018 dilanjutkan dengan penataan blok pengelolaannya. Bertempat di Ruang Rapat Komodo Ditjen KSDAE Jl. Ir. H. Juanda Nomor 15 Bogor, perwakilan BKSDA Bengkulu menghadiri Rapat Penetapan Blok Pengelolaan TWA Danau Tes dipimpin oleh Ir. Ary Sri Lestari, MM (Kasubdit Penataan Kawasan Konservasi, Dit. PIKA) dan juga dihadiri oleh Tim Pokja yang terdiri-dari perwakilan Dit. KK, Dit.KKH, Dit. PJLHK, Dit. BPEE, dan Dit. Pengukuhan dan Penatagunaan Kawasan Hutan-Ditjen PKTL, serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu sebagai pengamat. Dimana secara administrasi pemerintahan TWA Danau Tes terletak di wilayah Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu.

Penetapan Blok Pengelolaan TWA Danau Tes adalah untuk mengakomodir semua kondisi yang ada di dalam kawasan, dengan mempertimbangkan kesesuaian fungsi dimana di dalam kawasan juga terdapat dua desa definitif yang telah ada sejak jaman penjajahan Belanda,  serta juga terdapat desa transmigrasi. Selain terdapat jalan provinsi dan jalan kabupaten yang melintasi kawasan. Keindahan Danau Tes menjadi obyek wisata unggulan Kabupaten Lebong. Masyarakat di dalam dan di sekitar kawasan memiliki ketergantungan terhadap hutan dan hasil danau Tes untuk keberlangsungan hidupnya. Sedangkan di sisi lain TWA Danau Tes juga merupakan habitat berbagai jenis keanekaragaman hayati yang perlu dilindungi termasuk harimau sumatera, beruang madu, macan dahan dan lain-lain.

Terdapat 6 (enam) blok pengelolaan TWA Danau Tes yang direncanakan, yakni Blok Perlindungan seluas 559,50 Ha; Blok Pemanfaatan seluas 325,30 Ha; Blok Tradisional seluas 100,76 Ha; Blok Khusus seluas 254,31 Ha; Blok Religi seluas 0,57 Ha; Blok Rehabilitasi seluas 1484,12 Ha. Diharapkan dengan adanya penataan zona/blok pengelolaan kawasan konservasi TWA Danau Tes kedepannya bisa lebih terarah dan lestari sesuai dengan fungsinya seta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Sumber : Balai KSDA Bengkulu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Purwo Setyadi Yusman
mohon maaf sebelumnya Bapak/Ibu, apakah SK tersebut bisa diakses? jika berkenan kami sangat berterima kasih..