Peningkatan Kapasitas MMP oleh BKSDA Jambi

Kamis, 30 Agustus 2018

Muara Sabak, 27 Agustus 2018. SKW III Balai KSDA Jambi melakukan Peningkatan Kapasitas MMP (Masayarakat Mitra Polhut) melalui Pelatihan Pengawasan dan Perlindungan Kawasan Hutan Berbasis Masyarakat pada tanggal 25 s.d 26 Agustus 2018. Acara dibuka oleh Koordinator Polisi Kehutanan, Jefrianto S.H. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang MMP yang terdiri dari perwakilan beberapa desa yaitu, Kelurahan Mendahara Ilir, Kelurahan Tanjung Solok, Desa Alang Alang, Desa Sungai Ular, Desa Sinar Kalimantan, dan Desa Pangkal Duri Ilir.

MMP dibentuk dengan tujuan membantu polisi kehutanan dalam melakukan perlindungan dan pengamanan kawasan Cagar Alam. Keberadaan Polhut selama ini tidak sebanding dengan luas wilayah yang harus dilindungi, maka dari itu dibentuk lah MMP yang terdiri dari masyarakat sekitar kawasan. Keterlibatan masyarakat sekitar sangat membantu Polhut BKSDA Jambi dalam melakukan kegiatan patroli, sosialisasi, penyebarluasan informasi mengenai arti penting kawasan.

Materi kegiatan disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah III serta Polisi Kehutanan BKSDA Jambi yang terdiri dari 4 orang narasumber. Materi kegiatan meliputi Dasar Dasar Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Tupoksi BKSDA Jambi dan KPHK Hutan Bakau Pantai Timur, Peraturan Perundang Undangan, Pengamanan dan Perlindungan Hutan Konservasi, Survival, Peran Serta MMP, Teknik Penyuluhan, Penyusunan Laporan MMP, Pengenalan Aplikasi GPS Berbasis Android, dan Kesamaptaan. Materi yang disampaikan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Masyarakat Mitra Polhut dalam pelaksanaan tugasnya dilapangan.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Jambi, Faried S.P mengungkapkan “Alhamdulillah kegiatan peningkatan kapasitas MMP sudah selesai kami laksanakan, MMP yang datang terlihat antusias dengan kegiatan yang kami selenggarakan. Keterlibatan masyarakat perlu kami lakukan untuk membantu pengamanan kawasan, sehingga dapat mencegah terjadi nya gangguan terhadap kawasan yang kita punya.”

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini