Balai KSDA Sumatera Selatan Lakukan Supervisi Satgassus Karhutla di SM Padang Sugihan

Rabu, 29 Agustus 2018

Palembang, 29 Agustus 2018. Balai KSDA Sumatera Selatan terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan konservasi. Posisi yang siap tentunya akan mendukung sistem mekanisme pengendalian karhutla secara optimal sehingga jika terjadi karhutla maka dapat ditangani secara cepat. 

Salah satunya bentuk kesiapsiagan kerhutla yaitu melalui supervisi yang dipimpin oleh Kepala Balai KSDA Sumatera Selatan. Supervisi diberikan kepada tim Satgassus dan petugas lapangan yang merupakan ujung tombak pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Kegiatan ini dimulai dengan kunjungan langsung lapangan oleh tim Balai KSDA Sumatera Selatan pada posko-posko Satgassus Karhutla di SM Padang Sugihan. Tim supervisi melakukan pemeriksaan kepada seluruh bagian, fungsi sesuai tugas sehari-harinya yang telah dilaksanakan serta mengecek pertanggung jawaban tugas. Beberapa aspek dalam penilaian yaitu aspek perencanaan dan  aspek pengorganisasian

Dalam supervisi, Genman S Hasibuan selaku Kepala Balai KSDA Sumatera Selatan menyebutkan pentingnya kekompakan antar anggota tim, menjaga semangat dan juga menjaga alat-alat untuk selalu siap digunakan. Selain menyampaikan pentingnya kesiapsiagaan maka penting juga menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar kawasan, memberikan sosialisasi dan berkomunikai tentang pentingnya menjaga kawasan konservasi dari kebakaran hutan dan lahan. Diharapkan dengan adanya pemahaman yang sama antara petugas dan masyarakat maka saat terjadi kebakaran hutan dan lahan masyarakat dapat ikut membantu untuk memadamkannya. Pencatatan data, pelaporan, dan pendokumentasian menjadi penting untuk dilakukan karena akan menjadi dasar untuk perencanaan dan aksi selanjutnya

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi interaktif oleh tim Balai KSDA Sumatera Selatan dengan tim Satgassus Karhutla. Tim Satgassus Karhutla menyampaikan pentingnya dukungan sarana dan prasara sehingga tim mampu bertugas dengan optimal. Tim juga menyampaikan perlunya dukungan instansi terkait yang juga berkompeten dalam bidang karhutla.

Dalam arahannya Kepala Balai KSDA Sumatera Selatan mengatakan semoga dengan adanya kegiatan supervisi ini dapat tim Satgassus karhutla mampu memahami lebih jauh lagi tentang kewajiban dan tanggungjawab yang harus dilakukan, ketika ada didapati temuan kekurangan agar sesegera mungkin untuk memperbaiki dan membenahi serta kebakaran hutan dan lahan mampu ditekan.

 

Sumber : Taufan Kharis - PEH Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini