Pelatihan Kelompok Masyarakat Desa Binaan TN Tesso Nilo

Rabu, 29 Agustus 2018

Lubuk Kembang Bunga, 29 Agustus  2018. Dalam rangka memberdayakan masyarakat di desa-desa penyangga TN Tesso Nilo, Balai TN Tesso Nilo selenggarakan pelatihan kelompok masyarakat desa binaan TN Tesso Nilo pada tanggal 25 sampai dengan 26 Agustus 2018. Pelatihan untuk masyarakat tersebut dilaksanakan di kantor Seksi Pengelolaan Wilayah I Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan. Pelatihan diberikan kepada kelompok Perempuan Batang Nilo (PERBANI) Desa Lubuk Kembang Bunga, yang berjumlah 30 orang. Instruktur dan narasumber pelatihan ini didatangkan langsung dari yayasan Talang Anak Negeri.

Ketua panitia, Bapak Fauzan Kahfi, S.Hut, M.Sc menyatakan bahwa kawasan hutan Tesso Nilo dan juga desa-desa di sekitarnya memiliki potensi madu hutan yang sangat besar. "Besarnya potensi tersebut membuat kami dan masyarakat berinisiatif untuk memberi nilai lebih dari madu hutan tersebut dengan memberikan praktek pembuatan minuman kemasan berbahan utama madu hutan. Minuman tersebut nantinya akan di pasarkan di desa-desa sekitar kawasan. Pemberdayaan ini diharapkan dapat menjadi sumber alternatif tambahan penghasilan bagi masyarakat, khususnya ibu-ibu dari PERBANI", terang beliau.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan 2 hari penuh di kantor SPW I Lubuk Kembang Bunga. Pelatihan dilaksanakan dengan teknik parsitipatif yang mengakomodir keinginan dari kelompok perbani tersebut. Pelatihan hari pertama memfokuskan untuk penguatan kelembagaan/kelompok PERBANI. Kemudian hari kedua dilanjutkan dengan teori dan praktek pembuatan minuman kemasan berbahan madu.

"Pelatihan kita laksanakan dengan tujuan memberdayakan masyarakat dan lembaga/kelompok masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, selain itu ini juga merupakan upaya dari TN Tesso Nilo untuk  meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait pemberdayaan dan program pengembangan kemitraan pemanfaatan potensi kawasan TN Tesso Nilo", jelas panitia dan Penyuluh Kehutanan Asih Kartika Listiyandari, S.Hut.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini