Ayo Menanam, untuk Konservasi Alam, untuk Masa Depan

Minggu, 12 Agustus 2018

Biha, 12 Agustus 2018. “Kabupaten Pesisir Barat terkenal dengan Repong Damarnya dan sudah mendunia, tidak mungkin ada Repong Damar di Krui kalau nenek moyang kita tidak menanamnya”, kata Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, S.P.,M.H, sesaat sebelum melakukan penanaman simbolis bibit pohon yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara di sempadan Sungai Way Biha. Kegiatan penanaman ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan Global Tiger Day dan Hari Konservasi Alam Nasional tanggal 11 – 12 Agustus 2018 di Biha Kabupaten Pesisir Barat, yang diselenggarakan oleh Balai Besar TNBBS, bekerja sama dengan mitra – mitra kerja, antara lain Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat; GEF; UNDP; Sumatran Tiger Project; YABI; WCS; WWF; Artha Graha Peduli; TWNC; TFCA Sumatra; Pundi Sumatra; PILI; Repong Indonesia; dan Saka Wana Bakti TNBBS.

Seperti yang kita ketahui bersama, Repong Damar adalah sebutan untuk hutan damar yang dikelola oleh masyarakat Pesisir Barat secara tradisional dan turun temurun. Dengan keberadaan Repong Damar maka dapat menjaga konservasi tanah dan air, serta konservasi alam. Di tahun 2018 ini, Balai Besar TNBBS memiliki 1 program Role Model, yaitu Pengembangan dan Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (Damar Mata Kucing) di Zona Pemanfaatan Tradisional Taman Nasional Bukit Barisan Selatan oleh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat.

Balai Besar TNBBS bersama mitra – mitra kerja penyelenggara kegiatan ini, ikut ambil bagian dalam kegiatan penanaman di lokasi yang sama. Penanaman secara simbolis oleh Balai Besar TNBBS dilakukan oleh Plh Kepala Balai Besar TNBBS Heru Rudiharto, S.Si.,M.P bersama dengan Kepala BPTN II Liwa Amri, S.H.,M.Hum.

“Mari kita galakkan kegiatan menanam, untuk konservasi alam. Sesuai dengan tema Hari Konservasi Alam Nasional, yaitu Harmonisasi Alam Dengan Budaya. Kita harus bisa mengharmonisasikan pemanfaatan sumber daya alam secara lestari dengan budaya, mengangkat budaya nasional menjadi ikon bangsa, aplikasi nyatanya adalah Repong Damar pada masyarakat Pesisir Barat”, ujar Heru.

hari konservasi alam nasional 2018 semangat hu ha…

 

Sumber : Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini