Siap Hadapi Karhutla TaNa Bentarum Gelar Pelatihan untuk MPA

Selasa, 07 Agustus 2018

Lanjak, 7 Agustus 2018. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) mengadakan pembentukan sekaligus pelatihan untuk Masyarakat Peduli Api lingkup kerja Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Mataso. Acara yang diselenggarakan di gedung serba guna Kecamatan Batang Lupar ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 7 s/d 9 Agustus 2018. Peserta berasal dari Desa Mensiau yang merupakan Desa Penyangga kawasan di Sub Das Embaloh. Peserta berjumlah 30 orang masing-masing yang merupakan perwakilan dari setiap dusun di desa tersebut.

Maksud dari pelatihan ini adalah memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada kelompok MPA agar dapat melakukan pengendalian kebakaran lahan dan hutan secara mandiri. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kelembagaan MPA, memberi pembekalan pengetahuan dan keterampilan bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan di tingkat desa, meningkatkan kemandirian masyarakat dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di tingkat desa, meningkatkan kapasitas anggota MPA, dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Dalam pembukaan acara pelatihan Masyarakat Peduli Api dihadiri oleh Danramil  Putussibau 1206-03 PUTUSSIBAU, Kapolsek Batang Lupar dan Pemerintah daerah yang diwakilkan oleh Camat Batang Lupar. Upaya ini dilakukan untuk mensinerjikan program pengendalian kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Kapuas Hulu khususnya di sekitar kawasan TNBKDS. Penegasan sanksi hukum disosialisasikan lagi oleh aparat berwenang ke masyarakat dalam hal ini MPA sebagai pembawa pesan agar dapat menekan bencana karhutla di Kabupaten Kapuas Hulu. Seperti yang diutarakan oleh Camat Batang Lupar, Bapak Rusdi Hartono, kegiatan pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menanggulangi bencana karhutla dengan menggunakan peralatan pemadaman dan teknik-teknik tertentu.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Mataso mewakili Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun danau Sentarum, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dari berbagai pihak yang melibatkan elemen masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk menekan angka kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kapuas Hulu. Diharapkan masyarakat dapat maksimal menyerap ilmu yang diberikan oleh Narasumber sehingga sistem informasi dapat terbangun dengan baik dan masyarakat mampu mengendalikan atau mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang berada di wilayahnya.

Anggota MPA juga disosialisasikan mengenai tugas-tugas mereka di lapangan, seperti mencegah terjadinya karhutla, melakukan pemadaman awal dan mendukung pemadaman yang dilakukan oleh Manggala Agni dan / atau para pihak terkait, melakukan identifikasi upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, mengusulkan calon lokasi proklim, memberikan informasi terkait kejadian karhutla, menyebarluaskan informasi peringkat bahaya karhutla, melakukan penyuluhan secara mandiri atau bersama-sama dengan para pihak lainnya, melakukan pertemuan secara berkala dalam rangka penguatan kelembagaan.

Narasumber kegiatan yang diundang berasal dari Balai PPI Dan Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Wilayah Kalimantan dan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman dalam bidang kebakaran hutan dan lahan. Isu yang sangat menarik masyarakat dalam pelatihan tersebut adalah mengenai Pembukaan Lahan Tanpa Bakar yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Pelatihan ini juga merupakan bentuk pencegahan terjadinya karhutla dan menghimbau masyarakat untuk melakukan sistem pertanian yang lebih produktif dengan tanpa bakar.

 

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini