“Super Global High School Program” di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Selasa, 07 Agustus 2018

Selasa 7 Agustus 2018. Bertempat di ruang film Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), sebanyak21 siswa, mengikuti acara penutupan kegiatan International Field Work 2018 dalam Program Super Global High School Sakado Jepang. “Field work” yang dimulai tanggal 31 Juli sampai 6 Agustus 2018 dilaksanakan dalam rangka mendukungvisi TNGGP “Taman Nasional Gunung Gede PangrangoMenjadi Pusat Pendidikan Konservasi Kelas Dunia”.

Jauh hari sebelum pelaksanaan field work, dilakukan diskusiantara pihak Sakado, Badan Penyuluhan dan PengembanganSumber Daya Manusia (BP2SDM), serta Balai Besar TNGGP sebagai persiapan untuk membicarakan tempat pelaksanaaan, peserta, dan materi yang akan disampaikan. Dari diskusiditetapkan tempat kegiatan di Resort PTN Sarongge DesaCiputri, Peserta berasal dari Senior High School at Sakado(Jepang), Lab. School Kornita IPB, dan Sekolah MenengahKehutanan (SMK) Kadipaten, Pekanbaru, Samarinda, sertaMakassar. Peserta terbagi dalam tiga kelompok dengan tema, yaitu: Pendidikan Lingkungan (Environmental Education), Pemberdayaan Masyarakat (Community Development), danEkowisata (Ecotourism).

Pada acara penutupan dilakukan evaluasi, setiap kelompokmempresentasikan hasil kegiatan lapang yang telahdilaksanakan. Namun sebelum evaluasi terlebih dahuludisampaikan sambutan dari Kepala Bagian Program danKerjasama, BP2SDM (Ir. M. Tangkas, M.Sc.) serta sambutanKepala Balai Besar TNGGP (Wahju Rudianto, S.Pi. M.Si.).

Pada acara evaluasi masing-masing kelompokmempresentasikan kegiatannya. Kelompok Ekowisata(Ecotourism) merancang program berupa penyusunan guidebookmengenai potensi wisata yang ada di Desa Ciputri. KelompokPendidikan Lingkungan (Environmental Education) mempresentasikan gerakan 3R (Reduce, Reuse, dan Recyle). Kelompok Pemberdayaan Masyarakat (Community Development) mempresentasikan kegiatan promosi ProdukSaung Sarongge. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan KepalaBalai Besar TNGGP menyampaikan pesan kepada ketigakelompok yang telah tampil agar kegiatan yang sudah dirancangbisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Selain itu, kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan tidak hanya memberikanmanfaat bagi kelestarian lingkungan, namun juga memberikanmanfaat untuk masyarakat di sekitar kawasan TNGGP.

Kegiatan International Field Work 2018 dalam Program Super Global High School Sakado Jepang kali ini merupakan kegiatanyang kelimakalinya.  Pertama kali dilakukan pada tahun 2014 dan terus berlanjut setiap tahunnya

Sumber: Fauziyyah Amatullah Lamis - Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini