Satuan Tugas Khusus Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan Balai KSDA Sumatera Selatan Siap Sukseskan Asian Games 2018

Kamis, 09 Agustus 2018

Palembang, 9 Agustus 2018. Indonesia tahun ini menjadi  tuan rumah yang akan kedatangan tamu dalam acara akbar Asian games 2018 di Jakarta - palembang. Palembang sedang berbenah untuk menyuguhkan hal yang sempurna pada gelaran ini. Selain infrastruktur, yang menjadi perhatian adalah kondisi lingkungan. Salah satu tugas besar yang diemban pihak-pihak yang berkepentingan di Palembang adalah memastikan lingkungannya bersih dan menarik. Baik lingkungan di tengah kota maupun lingkungan yang mendukung gelaran akbar ini. Palembang yang beberapa tahun lalu memiliki permasalahan dalam hal kebakaran hutan dan lahan dituntut  untuk meminimalisir hal serupa. Balai KSDA Sumatera Selatan sebagai salah satu UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ikut ambil bagian dalam gelaran ini yaitu dengan mengamankan Kawasan Konservasi dari kebakaran hutan yang dapat  mengganggu Asian Games 2018.

Balai KSDA Sumatera Selatan membentuk Satuan Tugas Khusus (Satgasus) untuk menangani permasalahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang kerap terjadi di kawasan konservasi di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Satgasus Karhutla melakukan patroli rutin baik darat maupun perairan dan juga dengan memantau hotspot yang ada dengan menggunakan aplikasi android. Tim Satgasus Karhutla ini membangun posko-posko di lokasi yang sering terjadi kebaran sehingga jika terjadi kebakaran bisa langsung ditangani dengan cepat.

Saat ini, sejumlah titik kebakaran hutan di wilayah kawasan konservasi telah ditangani dengan sigap. Balai KSDA Sumatera Selatan mengingatkan agar masyarakat sadar terhadap pembukaan lahan dengan cara membakar hutan sangat berbahaya terutama untuk lingkungan hidup dan kesehatan.

Selain membentuk Satuan Tugas Khusus ini Balai KSDA Sumatera Selatan juga melakukan langkah antisipasi dalam menanggulangi kebakaran hutan, Balai KSDA Sumatera Selatan telah melakukan beberapa upaya. Misalnya dengan membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat dan pemerintah daerah setempat  dan juga melakukan sosialisasi secara rutin bahaya dari membakar hutan dan lahan.

Dengan peran aktif Balai KSDA Sumatera Selatan dan para pihak yang terlibat dalam menjaga dari kebakaran hutan dan lahan baik dikawasan konservasi maupun diluar kawasan konservasi diharapkan tidak akan ada asap yang mengganggu Asian Games 2018 sehingga gelaran akbar ini dapat berjalan dengan lancar.

 

Sumber: Taufan Kharis, Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini