Sosialisasi Pemulihan Ekosistem oleh BKSDA Jambi

Rabu, 08 Agustus 2018

Nipah Panjang, 7 Agustus 2018. BKSDA Jambi dalam rangka kegiatan pemulihan ekosistem melakukan sosialisasi kepada masyarakat Nipah Panjang I, acara sendiri bertempat di kantor lurah Nipah Panjang I. Sosialisasi sendiri dibuka langsung oleh Lurah dan Camat setempat, dan kata sambutan oleh Faried, SP  selaku Kepala SKW III BKSDA Jambi kepada para peserta sosialisasi yaitu Kelompok Tani Usaha Baru. Dilanjutkan pemaparan materi oleh tim perencanaan BKSDA Jambi terkait role model yang akan dibuat.

          Tujuan dari BKSDA Jambi adalah untuk rehabilitasi hutan bakau yang ada di Pulau Tengah, Pantai Timur. Luas blok wilayah yang hutan bakau yang akan direhabilitasi di Pulau Tengah sekitar 1649 hektar dan wilayah yang akan menjadi role model sebanyak 508 hektar. Wilayah pertama yang akan dijadikan role model nanti nya adalah sekitar 30 hektar. Role model sendiri adalah percontohan, jikalau program berhasil pada 30 hektar pertama maka akan dilanjutkan hingga mencakup seluruh wilayah yang akan direhabilitasi.

          Rehabilitasi ini memiliki dampak ekonomi dan dampak sosial terhadap masyarakat sekitar. Dampak ekonomi antara lain dapat bergabung menjadi tenaga kerja dan diharapkan dapat menambah populasi biota laut sekitar pulau, untuk dampak sosial antara lain dapat meningkatkan kemitraan dengan pemerintah dan NGO (Non Government Organization) dan dapat menyalurkan aspirasi secara langsung. Acara ditutup dengn sesi tanya jawab, beberapa peserta secara antusias bertanya hal hal terkait kegiatan pemulihan ekosistem tersebut.

          Wazri selaku Lurah Nipah Panjang I mengungkapkan, “Kami berterimakasih kepada BKSDA Jambi yang telah datang untuk melakukan sosialisasi, kami berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif baik untuk masyarakat maupun BKSDA Jambi sendiri”. Di tempat terpisah, Ka Balai KSDA Jambi, Rahmad Saleh mengatakan “Alhamdulillah sosialisasi kepada Kelompok Tani Usaha Baru di Nipah Panjang I telah selesai kami laksanakan, kedepan nya ada rangkaian acara lanjutan setelah sosialisasi ini, tujuan utama kami untuk memulihkan ekosistem yang sudah rusak”.

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini