BKSDA Sumsel Giat Edukasi Konservasi

Selasa, 07 Agustus 2018

Pseksu, 7 Agustus 2018. Membangun generasi konservasi merupakan sebuah upaya untuk menjaga asa akan masa depan kawasan konservasi. Asa akan terjaganya nilai penting dan fungsi kawasan agar selalu dapat memberi manfaat bagi manusia. Edukasi konservasi merupakan strategi yang menjadi sebuah keharusan dengan menempatkan anak-anak menjadi bagian penting dalam upaya membangun generasi konservasi.

Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) menjadikan upaya membangun generasi konservasi sebagai salah satu cara dalam membangun karakter masyarakat melalui strategi mengelola masyarakat dalam pengelolaan kawasan konservasi. Masyarakat desa penyangga merupakan sasaran yang diharapkan melalui kegiatan pendidikan konservasi dapat membentuk generasi konservasi masa depan yang berkarakter dan berkomitmen menjaga kelestarian kawasan konservasi.

Pendidikan konservasi yang dilakukan oleh Resort Konservasi Wilayah (RKW) 8 Tebing Tinggi, SKW II Lahat BKSDA Sumsel di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Pseksu merupakan sebuah upaya membangun generasi konservasi di desa penyangga kawasan Hutan Suaka Alam Kelompok Hutan (HSA KH) Gumai Tebing Tinggi. Keberadaan dan nilai penting serta fungsi kawasan konservasi menjadi fokus materi yang disampaikan. Selain itu juga disampaikan kondisi dan kekritisan kawasan serta potensi bencana yang dapat ditimbulkan akibat degradasi kawasan konservasi yang terus terjadi.

Harapannya bahwa siswa-siswi SDN 2 Pseksu akan menjadi generasi yang mengupayakan pemulihan ekosistem kawasan HSA KH Gumai Tebing Tinggi di masa yang akan datang dan tidak mengikuti jejak masyarakat yang saat ini terus menekan kawasan. Anak-anak adalah kunci dan edukasi konservasi sebagai sarana dalam membangun generasi konservasi untuk menjaga asa akan kelestarian kawasan konservasi.

Sumber : Wahid Nurrudin - Pengendali Ekosistem Hutan Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini