Polhut TNBKDS Digembleng Fisik dan Mental dalam Kesamaptaan dan Penyegaran Polisi Kehutanan

Selasa, 07 Agustus 2018

Putussibau , 7 Agustus 2018. Sebanyak 25 orang Polisi Kehutanan (POLHUT) dan 3 orang Tenaga Pengamanan Hutan Lainnya (TPHL) digembleng fisik dan mental selama 3 hari di Markas Komando Daerah Militer 1206 Putussibau. Selama 3 hari (7 s/d 9 Agustus) Polhut akan di dibekali materi-materi fisik dan mental yang dilakukan di kelas dan lapangan. Untuk materi-materi kelas meliputi ; Penyuluhan dan Komunikasi massa, Alur Penanganan Tindak Pidana Kehutanan, Olah TKP, Teknik Intelijen, Teknik Penangkapan, Penggeledahan, Pengawalan dan Pengamanan Tersangka, Pengamanan Objek Vital. Sedangkan untuk praktek lapangan meliputi : Penyegaran Fisik, Pelatihan Baris Berbaris (PBB), Beladiri Yongmoodo, Teknik Penangkapan, Penggeledahan, Pengawalan dan Pengamanan Tersangka, Halang Rintang.

“Pelatihan Kesamaptaan dan Penyegaran Polisi Kehutanan merupakan suatu keharusan agar POLHUT menjadi lebih profesional, trengginas, disiplin dan cerdas. Kerjasama dengan jajaran TNI dalam hal ini Kodim 1206 telah terjalin beberapa tahun yang lalu dan kedepannya terus ditingkatkan guna terjaganya dan meningkatnya kemampuan POLHUT TNBKDS kedepan”, jelas Ardi Andono selaku Kepala Bidang Teknis Konservasi BBTNBKDS dalam apel pembukaan acara tersebut.

Sebagaimana diketahui luas kawasan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) dan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) kurang lebih 1 (satu) juta hektar untuk memerlukan cara pengamanan yang khusus dan strategi khusus. Tantangan kedepan dalam pengamanan hutan adalah dititikberatkan pada pengamanan secara bersama dengan masyarakat, kelompok masyarakat adat dan juga kalangan lainnya. Dengan demikian kemampuan POLHUT dalam berkomunikasi dan pendekatan masyarakat perlu ditingkatkan.

Maksud dari Kegiatan Kesamaptaan dan Penyegaran Polisi Kehutanan yaitu mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi polhut dalam rangka menurunkan ganguan kehutanan di kawasan TNBKDS. Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kemampuan dan keterampilan setiap anggota Polhut sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja dan pengetahuan guna menunjang tugas pokok dan fungsi perlindungan hutan.

Narasumber dalam kegiatan Kesamaptaan dan Penyegaran Polisi Kehutanan ini berasal dari pihak-pihak yang kompeten dalam bidangnya yaitu dari Kodim 1206 Putussibau, Polres Kapuas Hulu dan Kejaksaan Negeri Putussibau. Sedangkan instruktur lapangan berasal dari Kodim 1206 Putussibau.

Kasat Polhut Balai Besar TNBKDS, Ade Arief, A.Md cukup senang akan memulai berlatih di Markas Kodim 1206 Putussibau karena akan mendapatkan ilmu dan meningkatkan kekompakan tim, “Saya cukup senang dengan kegiatan ini, kegiatan yang menjadi favorit saya adalah praktek teknik halang rintang, penangkapan, penggeledahan, pengawalan dan pengamanan tersangka karena kegiatan tersebut pastinya menegangkan, tuturnya.

Sedangkan Kepala Balai Besar TNBKDS, Ir. Arief Mahmud, M.Si, berpesan untuk para peserta, agar lebih disiplin, kompak, dan selalu bekerja sama. Polhut harus berbenah diri dalam setiap perencanaan perlindungan dan pengamanan hutan sehingga pencapaian misi perlindungan hutan dapat terlaksana. Selain itu Kepala Balai Besar juga mengucapka terimakasih kepada Kodim 1206 Putussibau yang berkenan dan mneerima dengan baik sebagai tempat ajang untuk berlatih.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini