Road To HKAN : TN Kutai Adakan Kutai Wana Rally XII

Sabtu, 04 Agustus 2018

Sangkima, 4 Agustus 2018. Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional yang jatuh pada tanggal 10 Agustus, Balai Taman Nasional Kutai mengadakan kegiatan Kutai Wana Rally (KWR) di Sangkima Jungle Park, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Sangatta. KWR merupakan kegiatan tahunan TN Kutai berupa lomba lintas alam. Kegiatan ini sempat vakum, namun 2 tahun belakangan ini dihidupkan kembali. KWR tahun ini merupakan kegiatan KWR ke-12 yang diseleggarakan oleh Balai Taman Nasional Kutai.

Kegiatan KWR terselenggara atas kerjasama Balai Taman Nasional Kutai dengan Mitra Taman Nasional Kutai dan disponsori oleh PT. KITA, PT. Wahana Agro Berjaya, PT. Tambang Damai, PT. Trubaindo Coal Mining, PT. Insani Baraperkasa, PT. Desindo Agri Mandiri, PT. Mahakam Sumber Jaya. Kegiatan ini juga didukung oleh BPBD kutai timur, Rescue Indominco, RAPI Bontang dan Sangatta, Manggala Agni daops Sangkima, Tim kesehatan RSIB Yabis, Tim kesehatan RSUD, Tim Kesehatan PMI, Tikus Production, Kader Konservasi Bontang, Sangatta dan Samarinda, serta Pramuka Saka Wana Bakti.

KWR XII Balai Taman Nasional Kutai Tahun 2018 diikuti oleh 150 tim yang berasal dari Kota Bontang, Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Timur. Setiap tim terdiri dari 4 orang peserta yang akan berjuang untuk memperebutkan piala bergilir Bupati Kutai Timur, dan total hadiah sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) serta berbagai macam doorprize. Adapun rute lomba dirasa sangat menantang dengan panjang jalur 6,4 km melewati jalur yang berbukit, boardwalk dan jembatan gantung di Sangkima Jungle Park.

Tema yang diangkat  yaitu “Harmonisasi Alam dan Budaya” sesuai dengan tema HKAN 2018. Dengan tema ini Balai Taman Nasioanal Kutai berkomitmen untuk tidak menghasilkan sampah plastik “zero plastic waste”. Peserta dan panitia yang terlibat masing-masing diberikan tumbler untuk mengurangi sampah plastik dan mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dengan membawa botol minum sendiri. Dalam sambutannya Ketua OC Mitra Taman Nasional Kutai menyatakan bahwa beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena tidak terlihat lagi botol plastik kemasan air minum.

Momen ini perlu diangkat sehingga momen KWR bisa mengangkat TN Kutai dan Kabupaten Kutai Timur ke nasional maupun internasional sehingga masyarakat dapat mencintai lingkungan khususnya mencintai TN Kutai ungkap Kepala Balai TN Kutai Bapak Nur Patria Kurniawan, S.Hut. M.Sc.

Selanjutnya Wakil Bupati Kutai Timur yang hadir saat membuka acara menyatakan bahwa Beliau sangat bangga karena acara KWR telah menjaga alam dengan menegaskan "zero plastic waste" dan telah memperkenalkan budaya kepada masyarakat. Beliau juga menyatakan bahwa kegiatan KWR ini akan dimasukkan menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Selain lomba lintas alam ada juga reintroduksi anggrek hitam (Coelogyne pandurata) di Sangkima Jungle Park yang merupakan hasil kultur jaringan PT. Pupuk Kaltim. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Balai Taman Nasional Kutai dengan PT. Pupuk Kaltim.

Pada akhir perlombaan dan berdasarkan hasil penjurian yang dilakukan oleh panitia, juara 1 lomba KWR XII Taman Nasional Kutai Tahun 2018  diraih oleh tim RTH, juara 2 oleh tim Ganteng-Ganteng Baik Hati, juara 3 oleh tim Wahana Agro Berjaya, juara 4 oleh tim L21 Arapaima Gigas, juara 5 oleh tim Tarpala, Juara 6 oleh tim XTR. Selamat untuk para pemenang dan kepada seluruh peserta semoga mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, bisa menjadi agen konservasi TN Kutai. Selamat untuk semua peserta dan sampai jumpa pada KWR XIII.#TN Kutai

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini