Menguak Potensi Gua Hatusaka TN Manusela

Minggu, 05 Agustus 2018

Masohi, 2 Agustus 2018.  Gua Hatusaka, adalah salah satu gua yang berada di kawasan Taman Nasional Manusela.  Gua yang terletak di atas Gunung Hatusaka ini memiliki keistimewaan karena memiliki kedalaman yang ekstrim yakni 388 m. Sejauh ini, para penggiat penelusuran gua meng-klaim bahwa Gua Hatusaka adalah gua vertikal terdalam di Indonesia. 
 
Walaupun dasarnya pernah dicapai oleh sebuah Ekspedisi Italia, Gua Hatusaka masih menyimpan rahasia karena selain kedalaman, lebar gua, serta bentuknya tidak ada informasi lain dari gua ini yang telah diperoleh. Untuk menggali data dan informasi lebih dalam tentang Gua Hatusaka Balai Taman Nasional Manusela menyelenggarakan ekspedisi yang bertajuk inventarisasi potensi dan pemetaan Gua Hatusaka. 
 
Kegiatan ekspedisi ini dilaksanakan dengan tim yang terdiri 12 orang meliputi 10 orang tenaga ahli dari Acintyacu-nyata Speleological Club (ASC) dan 2 orang staf Balai Taman Nasional Manusela. Kegiatan yang dilaksanakan selama 8 hari dari tanggal 2 Agustus sampai dengan 9 Agustus 2018 bertujuan untuk memetakan gua dan memasukkannya pada peta sistem perguaan kawasan karst Taman Nasional Manusela dan menggali data dan informasi potensi sumber daya Gua Hatusaka. 
 
Rahasia Gua Hatusaka bukan hanya tertutup dari dunia luar. Bagi masyarakat sekitar gua ini juga penuh misteri dengan berbagai mitos dan ritual. Oleh sebab itu, ekspedisi harus melaksanakan ritual adat sebelum memasuki gua. Ritual adat tersebut dilaksanakan di Desa Saleman oleh seluruh anggota tim bersama dengan tokoh-tokoh adat desa dengan tujuan agar seluruh tim diberi keselamatan dan kelancaran selama kegiatan.
 
Sumber : Balai Taman Nasional Manusela

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini