Menghadapi Musim Kemarau TN Bromo Tengger Semeru Gelar Apel Siaga Dalkarhut

Rabu, 01 Agustus 2018

Malang, 1 Agustus 2018. Selasa 31 Juli 2018 bertempat di Laut Pasir, TN Bromo Tengger Semeru melaksanakan apel siaga pengendalian kebakaran hutan (Dalkarhut) 2018. Apel siaga Dalkarhut diikuti 245 personil terdiri dari unsur TNBTS, Masyarakat Peduli Api TNBTS, TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, dan Polhut Perhutani.

Tri Cahya Nugroho menyampaikan apel siaga ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personil TNBTS, personil pendukung dan kesiapan sarpras pengendalian kebakaran hutan dalam menghadapi musim kemarau 2018. Apel siaga juga menjadi indikator komunikasi dan kordinasi yang dibangun TNBTS dengan stakeholders terkait dalam menghadapi musim kemarau dan antisipasi terjadinya kebakaran hutan di TNBTS. lebih lanjut di sampaikan Cahyo ditahun 2017 pernah terjadi kebakaran di TNBTS tepatnya di lokasi savana dan areal sekitarnya, namun dengan kesigapan dan kordinasi efektif dengan stakeholders kebakaran tersebut berhasil dipadamkan. Kita berharap di tahun 2018 ini TNBTS zero kejadian kebakaran hutan.

Lebih jauh dalam sambutan apel Kepala Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua komponen yang sudah hadir serta dukungan yang sudah diberikan selama ini kepada TNBTS dalam Dalkarhut, seraya berharap agar komunikasi dan kordinasi yang efektif dan sudah terbangun tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan di semua lini TNBTS.

Menghadapi musim kemarau 2018 ini John berharap pos-pos siaga Dalkarhut diaktifkan dan ditingkatkan kesiapsiagannya sehingga jika diperlukan dapat bergerak cepat dan efektif dalam Dalkarhut. Kepada personil MPA yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap resort yang ada di TNBTS John berharap bisa membantu dan menjadi kepanjangan tangan TNBTS dalam mencegah dan antisipasi kejadian kebakaran hutan di wilayahnya masing-masing.

Apel diakhiri dengan simulasi penanganan kebakaran hutan untuk mengecek kesiapan personil dan sarpras dalkarhut yang dimiliki TNBTS dalam Pengendalian Kebakaran Hutan di wilayah kerja TNBTS.

Sumber : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini