Kemah Cinta Lingkungan Saka Wanabakti Se-Sumba

Selasa, 31 Juli 2018

Waingapu, 31 Juli 2018. Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Se-Sumba mengadakan fun camping dalam rangka memperingati satu windu berdirinya Saka Wanabakti Kwarcab Sumba Barat. Acara ini diadakan pada tanggal 27-29 Agustus 2018 di camping ground objek wisata alam (OWA) Air Terjun Lapopu didalam kawasan TN Matalawa.

Dengan mengangkat tema ‘Peduli Alam, Selamatkan Masa Depan’, fun camping ini diikuti 156 peserta dari 15 SMA dan 14 SMP se-Sumba. Selain anggota Saka Wanabakti, kegiatan juga diikuti Saka Bhayangkara binaan Polres Sumba Barat. Seluruh peserta dilepas melalui apel pelaksanaan kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I.

Beragam kegiatan dan materi turut mengisi hari-hari para peserta camping. Diantaranya adalah pemeliharaan ekosistem kawasan TN Matalawa melalui kegiatan restorasi oleh JICS, tali temali dan single rope technique (SRT), lomba baris-berbaris, dan lari lintas alam. Dalam maklumat yang disampaikan pada apel penutupan acara, Kepala Balai TN Matalawa, Maman Surahman, S.Hut, M.Si menyampaikan pesan kepada para anggota Saka, bahwa kelestarian TN Matalawa di Sumba perlu dilestarikan karena merupakan satu-satunya benteng terakhir tutupan hutan di Pulau Sumba. Banyak dampak positif yang akan didapat dari melestarikan lingkungan yaitu udara yang bersih, air yang mengalir sepanjang tahun, dan perekonomian masyarakat akan meningkat seiring naiknya kunjungan wisata.(dpn/mtlw)

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini