Mahasiswa Bandung Angkat Masyarakat Tobelo Dalam di Penelitian Ilmiah

Selasa, 31 Juli 2018

Sofifi, 31 Juli 2018. Balai TN. Aketajawe Lolobata kedatangan 5 mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung dalam rangka mempresentasikan proposal penelitian ilmiah mereka terkait pelibatan Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) dalam pelaksanaan ekowisata di Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL).

Didampingi oleh Dosen Pembimbingnya, mereka menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian kondisi riil karakteristik masyarakat adat dengan teori-teori yang telah di telaah sebelumnya.

Kepala Balai TN. Aketajawe Lolobata, Muhammad Wahyudi, sangat mengapresiasi judul penelitian ini, dengan harapan hasil penelitian tersebut akan berguna untuk manajemen. "Kami TNAL pada tahun 2019 akan membuat master plan pemberdayaan Masyarakat Tobelo Dalam yang ada dalam dan sekitar kawasan TNAL, untuk teman-teman fungsional Balai TNAL akan mengkaji judul penelitian ini, dan memberikan masukan terkait metodenya.

Lebih lanjut Wahyudi juga berkomentar "bahwa sampai saat ini, TNAL belum punya data yang lengkap tentang Masyarakat Tobelo Dalam, dan mulai tahun ini baru akan di lihat lebih detail lagi, salah satunya dengan ekspedisi TNAL 2018 nanti. Untuk itu kami akan melibatkan 5 mahasiswa ini dalam kegiatan Ekspedisi TNAL nanti yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 30 Agustus 2018".

Sumber : Ais Rafli - PEH Balai TN Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini