BKSDA Sumatera Selatan Peringati Global Tiger Day 2018

Senin, 30 Juli 2018

Palembang, 30 Juli 2018. Balai KSDA Sumatera Selatan berpartisipasi dalam peringatan Global Tiger Day 2018 yang diinisiasi oleh Forum Harimau Kita melalui relawan Tigerheart Palembang. Tema Global Tiger Day 2018 yaitu “Kearifan Lokal untuk Harimau Sumatera”. Tema ini sesuai dengan kearifan lokal bagaimana masyarakat memandang harimau sumatera. Di berbagai daerah harimau sumatera dianggap sebagai “nenek”, “datuk”, “penjaga hutan” dan berbagai sebutan lainnya. Jika ditelaah mendalam, tradisi masyarakat yang demikian dapat berguna sebagai bentuk konservasi Harimau Sumatera.

Peringatan Hari Harimau Sedunia atau Global Tiger Day dilaksanakan setiap tanggal 29 Juli, sejak disepakati pada pertemuan tingkat tinggi di Saint Petersburg dalam Tiger Summit pada tanggal 29 Juli 2010, dilandasi dengan kondisi populasi harimau yang hampir punah. Salah satu tujuan peringatan Global Tiger Day, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 45 tahun 2007 tentang Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera adalah untuk untuk meningkatkan dukungan masyarakat terhadap upaya konservasi harimau baik di dalam maupun pada tataran global.

Rangkaian kegiatan Global Tiger Day 2018 yang telah dilaksanakan Tigerheart Palembang bersama dengan Balai KSDA Sumatera Selatan dan ZSL Indonesia yaitu Visit School ke Sekolah Alam Indonesia Palembang, Talkshow Radio di RRI Pro 1 Palembang, dan Ngopi Bareng di OTW Foodstreet Palembang. Kegiatan tersebut disambut baik masyarakat melalui partisipasi aktif selama mengikuti kegiatan. Selain itu, dibagikan bahan publikasi berupa poster beberapa kucing dilindungi yang diketahui keberadaannya di Sumatera Selatan, stiker, gantungan kunci, dan kaos “preserving biodiversity”, buku informasi kawasan konservasi pada Balai KSDA Sumatera Selatan, buletin Rimau Kito, dan paper craft harimau selama kegiatan berlangsung.

 

Sumber : Julita Pitria - Penyuluh BKSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini