Global Tiger Day : Upaya Kampanye Pelestarian Harimau Sedunia

Senin, 30 Juli 2018

Riau, 30 Juli 2018. Global Tiger Day atau Hari Harimau Sedunia dideklarasikan pada Pertemuan International Tiger Forum di Saint Petersburg, Rusia Tahun 2010 dan diperingati setiap tanggal 29 Juli setiaptahunnya.

Tema Global Tiger Day tahun 2018 adalah “Kearifan Lokal untuk Konservasi Harimau Sumatera” dengan tagar #science, nature, culture. Tema ini memiliki makna yaitu harapan kepada masyarakat untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan kearifan lokal yang ada di kehidupan masyarakat dalam interaksinya dengan alam dan hutan, dimana secara tidak langsung berdampak pada kelestarian habitat Harimau Sumatera. Masyarakat diharapkan lebih arif dan bijak mengingat bahwa kita hidup berdampingan dengan Harimau Sumatera.

Bentuk kegiatan peringatan Global Tiger Day tahun 2018 ini antara lain : (1) Sosialisasi ke desa dan sekolah di daerah penyangga, dilaksanakan pada bulan Mei s.d Juni 2018; (2) Patroli sapu jerat dengan masyarakat mitra Polhut, dilaksanakan dari bulan Januari s.d sekarang; (3) Lomba membuat video pendek, dilaksanakan pada 18 s.d 28 Juli 2018; (4) Lomba mengarang puisi dilaksanakan pada 18 s.d 28 Juli 2018; (5) Talkshow di stasiun Radio Swara Indragiri (Swai) pada Sabtu 28 Juli 2018 jam 10.00 s.d 13.00 WIB. Narasumber yaituKepala Balai TNBT Darmanto, SP.,M.AP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Indragiri Hulu Ir. Selamat MM, Aktivis Yayasan Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera Ahmad Fanani dan Tokoh Masyarakat Desa Rantau Langsat M. Nasir; (6) Jalan dan senam sehat, orasi, Lomba mewarnai untuk anak,pameran dan bazaar, dilaksanakan pada hari Minggu 29 Juli 2018 sebagai puncak peringatan GTD 2018, tempatpelaksanaan kegiatan di Ruang Terbuka Hijau Rengat, dengan melibatkan segenap mitra kerja TNBT yaitu Yayasan PKHS (Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera), WWF Program Sumatera, FZS Jambi, Cabang PT. Bank Mandiri tbk. Rengat, PT. LAJ ( Lestari Asri Jaya ) Jambi dan Pemerintah Daerah terkait; (7) Penandatanganan komitmen bersama (Pemda, TNBT, Polri, TNI, mitra TNBT dan segenap masyarakat) yang dituangkan dalam bentuk penandatanganan spanduk sebagai wujud komitmen bersama untuk melestarikan harimau; (8) Untuk memeriahkan acara kampanye pelestarian alam (Harimau Sumatera) dihadirkan grup seni tradisional gambus suku Talang Mamak dari Desa Rantau Langsat, Kec. Batang Gansal.

Acara ini dihadiri oleh : Bupati Indragiri Hulu yang diwakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kab. Indragiri Hulu, Ketua DPRD Kab. Inhu, Kapolres Inhu yang diwakili oleh Kasat Narkoba, Danramil 01 Rengat, Kelompok Jantung Sehat Inhu dan segenap masyarakat Kab. Indragiri Hulu yang diperkirakan mencapai ± 1.100 orang.

Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (BTNBT) akan terus berupaya untuk melestarikan keberadaan Harimau Sumatera, baik melalui upaya preventif, pre-emtif, persuasif maupunrepresif sesuai kaedah - kaedah yang diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

 

Sumber : Balai TN Bukit Tiga Puluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini