Peringatan Global Tiger Day Merangin

Minggu, 29 Juli 2018

Merangin, 29 Juli 2018. Auumm... SKW I BKSDA Jambi bersama Pemko Merangin dan Fauna Flora Internasional (FFI) memperingati Global Tiger Day yang jatuh pada hari Minggu 29 Juli. Acara ini sendiri dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Merangin, Drs. Sibawahi, ME. dilakukan di area Kantor Bupati Merangin. Global Tiger Day merupakan Hari Harimau Internasional yang diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan harimau.

Sibawahi mengatakan, “Acara Global Tiger Day ini merupakan sejarah baru karena untuk pertama kali nya dilaksanakan di Kabupaten Merangin. Acara ini sangat bagus bagi masyarakat Merangin dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap Harimau Sumatera dan menambah wawasan.” Beliau menambahkan, “Merangin merupakan kabupaten yang memiliki kawasan hutan yang relatif luas baik itu hutan konservasi, hutan lindung, cagar alam, hutan produksi, dan hutan adat. Diharapkan semoga Global Tiger Day akan rutin dilaksanakan tiap tahun di Merangin untuk ke depannya, tak terkecuali untuk acara-acara serupa.”

Harimau Sumatera sendiri saat ini masuk ke dalam Appendix 1 CITES yang arti nya segala bentuk perdagangan internasional dan komersial nya dilarang, keberadaan Harimau Sumatera sendiri saat ini dalam titik yang cukup mengkhawatirkan menurut IUCN sejak tahun 1996. Indonesia tercatat pernah memiliki 3 dari 8 Sub Species Harimau yang ada di dunia. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan satu-satu nya jenis Harimau yang masih ada Indonesia setelah Harimau Bali (Panthera tigris balica) dan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dinyatakan punah sejak 1940an dan 1980an.

Global Tiger Day di Merangin sendiri cukup banyak diikuti oleh masyarakat yang sangat antusias mengingat ini merupakan pertama kali nya Global Tiger Day dilaksanakan di Kabupaten Merangin. Kegiatan diawali dengan jalan santai dimulai dari Kantor Bupati dan diakhiri di tempat yang sama. Kabalai KSDA Jambi, Rahmad Saleh memberikan kata sambutan pada kegiatan yang berlangsung dari pagi hari ini, “Global Tiger Day merupakan kegiatan yang sangat positif, kegiatan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap alam dan terhadap keberadaan Harimau. Kita harus tingkatkan terus kesadaran kita terhadap satwa yang satu ini. Jumlah harimau kita sangat sedikit populasinya dan cukup mengkhawatirkan. Apa kita mau jika Harimau itu nanti hanya tinggal kenangan saja, hanya bisa lihat gambar nya saja tanpa tau bentuk asli nya ? kan tentu kita tidak ingin seperti itu.”

Untuk memeriahkan acara Global Tiger Day ini dilanjutkan dengan berbagai lomba yaitu lomba lukis wajah untuk tingkat SMP dan SMA, lomba membuat kue untuk Dharmawanita Pemko Merangin dan lomba desain poster digital, pameran konservasi dan HHBK, dan pembagian bibit MTPs gratis untuk masyarakat. Terdapat juga panggung hiburan yang dilengkapi dengan doorprize menarik untuk peserta. Penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba sendiri dilakukan oleh Sekda Merangin, Kabalai KSDA Jambi, Kababes TNKS, dan pimpinan FFI Merangin projek dan pusat.

“Kami senang bisa melaksanakan acara Global Tiger Day untuk pertama kali nya di Kabupaten Merangin. Antusiasme masyarakat membuat kami senang, itu menandakan bahwa masih banyak masyarakat yang peduli dengan lingkungan sekitarnya. Kami akan berupaya agar acara ini dapat rutin dilaksanakan setiap tahunnya disini”, ungkap pimpinan FFI Merangin.

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini