BKSDA Jambi Peringati Global Tiger Day 2018

Minggu, 29 Juli 2018

Jambi, 29 Juli 2018. Tiger Heart Jambi bersama dengan Komunitas Motor MMC Outsiders Jambi dan beberapa Komunitas Seniman Kota Jambi bersama sama BKSDA Jambi dan ZSL melakukan kegiatan dengan tema “Kearifan Lokal untuk Harimau Sumatera” dalam rangka memperingati Global Tiger Day yang jatuh setiap tanggal 29 Juli. Global Tiger Day sendiri merupakan Hari Harimau Internasional yang disepakati oleh negara negara yang memiliki harimau sebagai satwa endemik mereka. Global Tiger Day dicetuskan pada tanggal 29 Juli 2010 di Saint Petersburg, Russia.

Dalam kegiatan yang berlangsung mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan selesai, masyarakat kota Jambi tampak antusias dalam mengikuti kegiatan yang dilakukan. Kegiatan sendiri diawali dengan senam pagi bersama sama di sekitaran Tugu Keris Siginjai Kota Jambi lalu kata sambutan oleh Ka. Balai KSDA Jambi diwakilkan oleh Kassubbag TU Bpk. Teguh Sriyanto. Dalam sambutan nya, beliau mengungkapkan “Acara ini merupakan kegiatan positif yang harus dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran kita tentang keberadaan harimau yang ada saat ini, jangan sampai harimau kita tinggal kenangan dan tidak dapat lagi disaksikan oleh anak cucu kita nanti. Dulu ada 3 jenis harimau yang ada di Indonesia yaitu Harimau Bali, Harimau Jawa, dan Harimau Sumatera. Sekarang hanya tinggal Harimau Sumatera, sementara itu Harimau Bali dan Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah. Jangan sampai hal itu terjadi ke Harimau kebanggaan kita Harimau Sumatera.” Tak ketinggalan Kepala Dinas Kehutanan, Ir. Erizal menyampaikan bahwa “Hutan merupakan rumah bagi berbagai macam satwa, termasuk juga rumah bagi Harimau kita. Maka dari itu dengan tetap menjaga hutan kita telah membantu pelestarian habitat dari Harimau itu sendiri.”

Acara dilanjutkan dengan kegiatan donor darah dan cek kesehatan secara gratis oleh PMI Jambi, lalu ada lomba mewarnai untuk anak anak dengan Harimau Sumatera sebagai topik nya. Terdapat juga face painting dan photo booth yang disediakan oleh panitia kegiatan. Setelah nya acara dilanjutkan di kantor BKSDA Jambi guna meresmikan patung harimau baru yang dibangun dan mural yang dibuat oleh Komunitas Seniman. Diharapkan dengan ada nya acara Global Tiger Day setiap tahun nya akan meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat tentang keberadaan Harimau saat  ini. Yohan Dinata dari ZSL mengutarakan “Apa yang telah kami lakukan ini sebagai bentuk upaya dalam menambah kesadaran dan wawasan masyarakat tentang Harimau, kita ingin masyarakat lebih tau dan menyadari betapa penting nya Harimau ini. Harimau sendiri merupakan pemuncak rantai makanan yang ada di hutan, kalau Harimau terganggu maka rantai makanan yang ada di hutan pun juga dapat terganggu stabilitasnya.”

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini